Unduh Aplikasi

Ketua KPU Dilaporkan ke DKPP

Ketua KPU Dilaporkan ke DKPP

BANDA ACEH - Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Imran Mahfudi melaporkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP). Arief dilaporkan terkait surat kuota caleg sebanyak 120 persen dari jumlah kursi bagi bagi Partai Lokal yang dikirim KPU kepada DPRA.

"Akibat surat itu, KIP Aceh telah memberlakukan jumlah caleg untuk Partai Lokal sebanyak 120%. Tindakan ini menimbulkan ketidakadilan bagi partai nasional, yang jumlah calegnya 100 persen dari jumlah kursi," kata Imran Fuadi kepada AJNN, Rabu (10/10).

Caleg DPRA Dapil 9 Partai Demokrasi Indonsia Perjuangan (PDIP) itu menilai Ketua KPU melanggar kode etik penyelenggara pemilu karena memperlakukan peserta pemilu 2019 di Aceh tidak adil. Imran menyebut sidang pemeriksaan pertama atas laporannya telah dijadwalkan dan akan berlangsung di Kantor DKPP RI di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Kamis 11 Oktober 2018.

Surat panggilan sidang DKPP. Foto:Ist.

"Besok (Kamis) sidang pertama. Agendan sidang mendengar pokok pengaduan dari pengadu dan jawaban teradu. Kami berharap DKPP menjatuhkan sanksi berat terhadap ketua KPU, karena memperlakukan peserta pemilu secara tidak adil," ujar Imran Mahfudi.

Komentar

Loading...