Unduh Aplikasi

Kepala Rutan Pidie Akui Penyebab Kerusuhan Akibat Pencabutan Dispenser

Kepala Rutan Pidie Akui Penyebab Kerusuhan Akibat Pencabutan Dispenser
Kondisi Rutan Sigli yang dibakar para napi. Foto: AJNN.Net/Salman

PIDIE - Kepala Rumah tahanan (Rutan) II B Sigli, Kabupaten Pidie Mathrios ZH mengakui bahwa pemicu kerucuhan yang berujung pembakaran Rutan akibat pengambilan dispenser air di ruang narapidana oleh petugas sipir.

"Benar aksi pembakaran Rutan dipicu karena dispenser air dicabut dikamar narapidana oleh petugas sipir," kata Kepala Rutan Mathrios kepada AJNN, Senin malam (3/6).

Dia menyebutkan ada 19 dispenser air yang disediakan untuk 18 kamar napi dan itu atas permintaan mereka agar bisa memanaskan air, apalagi inikan bulan ramadhan.

Baca: Mengamuk, Napi Bakar Rutan Sigli

Terakit pencabutan dispenser air tersebut oleh petugas sipir, Mathrios mangaku tanpa sepengetahuannya sehingga muncul reaksi kemarahan para napi yang berkunjung pembakaran Rutan.

"Pencabutan dispenser air oleh petugas sipir kalau tidak salah saya tadi pagi, namun tidak ada koordinasi dengan saya, dan itu membuat saya kecewa, bahkan ada dispenser yang dipecahkan," ujarnya.

Selama hampir dua tahun bertugas sebagai kepala Rutan II B Sigli, kata Mathrios, hubungannya dengan baik-baik saja tidak ada persoalan apapun.

"Buktinya kalau saya punya masalah dengan mereka, pasti sekarang saya sudah babak belur dihajar karena sebelum terjadi kericuhan," cetus Mathrios.

Dalam rutan pihaknya berusaha menenangkan para Napi yang tersulut emosi akibat karena pencabutan dispenser namun upaya tersebut tidak berhasil.

"Awalnya mereka hanya melakukan pelemparan batu saja dan sempat saya tenanangin mereka dengan mengajak bicara baik-baik, namun ada sebagian napi yang tersulut emosi hingga berujung aksi pembakaran," jelasnya.

Komentar

Loading...