Unduh Aplikasi

Kepala Desa di Aceh Tamiang Diberhentikan Tidak Hormat

Kepala Desa di Aceh Tamiang Diberhentikan Tidak Hormat
Foto: Net

ACEH TAMIANG - Kepala Desa Bandung Jaya, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Kasmin, diberhentikan secara tidak hormat dari jabatannya. Pengesahan pemberhentian telah ditandatangani oleh Bupati Aceh Tamiang, Mursil pada surat keputusan bupati Aceh Tamiang nomor: 1526 tahun 2019.

Pemberhentian jabatan Kepala Desa Bandung Jaya itu dilakukan sehubungan dengan surat keputusan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) kampung setempat tentang usulan pemberhentian tidak hormat Datok kampung mereka yang dikirim ke bupati 16 Juni 2019 lalu.

Baca : Satu Kepala Desa di Aceh Tamiang Diusulkan Pecat

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Aceh Tamiang, Tri Kurnia yang dikonfirmasi AJNN, Rabu (4/9) membenarkan Kasmin telah diberhentikan secara tidak hormat dari jabatan Datok Penghulu Kampung Bandung Jaya.

"Benar, pak bupati telah mengesahkan usulan dari MDSK Kampung Bandung Jaya tentang pemberhentian Kasmin dari jabatannya sebagai Datok Penghulu Bandung Jaya," kata Tri Kurnia.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Datok Kampung Bandung Jaya, kata Tri Kurnia, bupati telah mengangkat pegawai kantor Camat Manyak Payed, Johan Taruna sebagai penjabat Datok Kampung Bandung Jaya.

"Kasmin telah melakukan kesalahan yang sangat fatal sebagai seorang pemimpin kampung. Dia tidak mempertanggung jawabkan ADD tahun 2018 di kampungya. Selain itu, Kasmin juga telah lama menghilang dari kampung yang dipimpinnya sehingga semua proses pelayanan terhadap masyarakat terganggu," kata Tri Kurnia.

Baca: Satu Kepala Desa di Tamiang Dikabarkan Tinggalkan Kampung

Tidak hanya mengganggu pelayanan untuk masyarakat, kata Tri Kurnia, akibat dia (Kasmin) tidak ada di kampung, para perangkat desa di kampung itu sudah sekian bulan tidak menerima gaji.

Baca juga : Kades Tak Kunjung Dipecat, Warga Bandung Jaya Tamiang Datangi Dinas PMKPP

"Selain diberhentikan secara tidak hormat, Kasmin diwajibkan untuk bertanggungjawab atas laporan penyelenggaraan pemerintah kampung kepada bupati Aceh Tamiang, selama dia menjabat sebagai Datok," ungkap Tri Kurnia.

Komentar

Loading...