Unduh Aplikasi

Kendaraan Hias Berbentuk Miniatur Meunasah Mendominasi Pawai Takbir di Aceh Utara

Kendaraan Hias Berbentuk Miniatur Meunasah Mendominasi Pawai Takbir di Aceh Utara
Foto: Ist

ACEH UTARA – Dalam rangka memeriahkan malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah berbagai cara kreatif dan unik dilakukan oleh masyarakat untuk menghiasi kendaraan yang dipakai untuk keliling mengikuti pawai takbir.

Seperti yang dilakukan oleh tangan kreatif dari Pemuda Gampong Blang Peuria, Kecamatan Samudera, Geudong, Kabupaten Aceh Utara. Mereka membuat replika berupa miniature dari Meunasah (surau) gampong setempat untuk berkeliling. Sehingga miniature tersebut mendominasi malam pawai takbiran di kabupaten itu.

Ketua Panitia Gema Takbir sekaligus Sekretaris Kepemudaan Gampong Blang Peria, Sariulis mengatakan, untuk memeriahkan malam lebaran Idul Fitri, partisi pasi masyarakat Aceh Utara, khususnya Gampong Blang Peuria sendirinya sangat tinggi untuk mengikuti gema takbir tersebut.

“Jadi khusus untuk Ganpong Blang Peria, ada 50 kendaraan terdiri dari seribuan massa yang mengikuti pawai tersebut. Baik itu kendaraan roda dua, ataupun roda empat khususnya,” kata Sariulis kepada AJNN, Rabu (5/6) dini hari.

Sambungnya, adapun ide awal yang muncul untuk membuat miniature Meunasah Gampong Blang peria yaitu dari kepemudaan gampong setempat yang super kreatif. Dengan kekompakan dan kerjasama yang baik mereka mampu menghasilkan sebuah miniature Meunasah dengan ukuran lebar dua setengah meter dan panjang tiga meter.

“Tujuan kita buat miniature tersebut untuk menunjukkan indentitas kepemudaan. Dengan harapan pemuda-pemuda khususnya di Blang Peuria tidak lepas dari perilaku yang menunjukkan indentitas keagamaan. Dan kenapa harus kita buat miniature Meunasah,? karena supaya pemuda ini giat melakukan ibadah ke depan dan titap bersikap sesuai dengan norma agama,” imbuhnya.

Tambahnya, adapun rute keliling pawai takbir yang dilewati yakni, Makam Malikussaleh ke Tanah Pasir, lalu Simpang Mulieng ke Syamtalira Aron, kemudian ke Nibong ke Jalan len Pipa dan kembali ke Kecamatan Samudera ke meunasah Masjid lalu ke Tanjung Kleng hingga berakhir di Meunasah Geudong.

Pantauan AJNN, pawai takbir yang berlangsung di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara sangat meriah. Bahkan sejumlah ruas jalan terlihat macet. Namun, tak luput juga dari pengawalan dari jajaran Kepolisian Polres Lhokseumawe, Polres Aceh Utara, dan juga Intansi terkait lainnya. 

Komentar

Loading...