Hasanudin
Unduh Aplikasi

Kendalikan Harga Beras, Bulog Aceh Gelontorkan Beras Medium ke Pasar

Kendalikan Harga Beras, Bulog Aceh Gelontorkan Beras Medium ke Pasar
pelepasan operasi pasar beras medium di kantor Bulog Aceh, Rabu (10/1).

 BANDA ACEH - Dalam rangka pelaksanaan stabilisasi harga dan pasokan beras medium, Perum Bulog Divisi Regional Aceh menggelontorkan stok beras medium ke berbagai pasar di Aceh. Pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan Surat Mentri Perdagangan RI nomor 31/M-DAG/SD/1/2018 tanggal 5 Januari 2018 tentang Pelaksanaan Stabilisasi Harga dan Pasokan Beras Medium.

Kegiatan tersebut secara simbolis dilaksanakan dengan pelepasan beras Operasi Pasar  Cadangan Beras Pemerintah (OP-CBP) di kantor Perum BULOG Divre Aceh, oleh Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan RI, Sihard Hadjopan Pohan yang juga dihadiri  perwakilan Satgas Pangan Polda Aceh, perwakilan Disprindag Aceh dan perwakilan Biro Perekonomian Aceh .  Kelapa Divisi Regional Perum Bulog Aceh, Basirun menyampaikan  pelaksanaan OP-CBP dimaksudkan untuk memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya yang membutuhkan beras kualitas medium dengan harga yang terjangkau.

Kata dia, OP-CBP saat ini dilaksanakan di 27 pasar yang meliputi 75 toko atau kios dan 21 Rumah Pangan Kita (RPK) di wilayah operasional Divre Aceh. Basirun juga menyatakan, sepanjang pantauan Bulog Divre Aceh pada bulan Desember 2017 hingga awal bulan Januari 2018 harga beras medium dan premium khususnya di kota Banda Aceh masih cukup stabil. 

"Namun perlu diwaspadai, karena mulai ada indikasi kekurangan pasokan gabah di kilang-kilang padi yang dapat memicu kenaikan harga hingga melebihi HET yang ditetapkan pemerintah, yaitu untuk wilayah Aceh beras premium HET Rp 13.300,-/Kg dan Beras Medium Rp 9.950 perkilogram" sebutnya saat pelepasan operasi pasar beras medium di kantor Bulog Aceh, Rabu (10/1).

Sementara itu, Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan RI, Sihard Hadjopan Pohan mengatakan bahwa target dari pelaksanaan OP-CBP ini untuk memastikan pasokan beras medium dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan beras medium.

"Sesuai Perintah Mentri Perdagangan bahwa untuk pelaksanaan OP-CBP saat ini Perum Bulog  selain berkoordinasi dengan Pemda setempat juga menyertakan distributor atau mitra pelakuusaha dibidang pangan. Selain itu juga melibatkan Satgas Pangan Polda Aceh dan seluruh jajarannya di Polres-polres untuk melakukan monitoring, pengendalian, dan pengamanan sehingga pelaksanaan OP tersebut mencapai sasaran yang ditetapkan," katanya. 

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...