Unduh Aplikasi

Kemendagri Tak Keberatan Pembelian Pesawat

Kemendagri Tak Keberatan Pembelian Pesawat
Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Syarifuddin. Foto: Net

BANDA ACEH - Kementerian Dalam Negeri tak keberatan dengan rencana pembelian pesawat yang diusulkan Pemerintah Aceh dalam rancangan Pergub Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2018.

Baca: Kemendari Setujui Pagu APBA Rp15,084 Triliun

"Prinsipnya begini, prinsip semua belanja pengadaan barang include pesawat itu harus sesuai dengan rencana kebutuhan barang daerah. Jadi prinsipnya semua pengadaan barang apakah itu mobil atau pembangunan gedung itu, semua harus sesuai dengan rencana kebutuhan barang supaya jelas penggunaan dan pemanfaatanya, dari situ kemudian dinilai layak atau tidak," ungkap Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Syarifuddin kepada AJNN via seluler, Selasa (13/3).

Menurut Syarifuddin, walaupun RPJM kepala daerah terpilih belum disahkan melalui peraturan daerah (qanun) akan tetapi gubernur terpilih diberi ruang untuk mengakomodir harapan dan kebijakannya sesuai dengan visi dan misi kedalam penyusunan rancangan APBD.

"Jadi ini juga sama halnya dengan provinsi lain, seperti DKI Jakarta misalnya, kemarin setelah proses pemilihan dan pelantikan selesai dilakukan kemudian bertepatan dengan agenda penyusunan APBD. Jadi, karena kami juga menyadari bahwa kepala daerah terpilih itu, harapannya sudah bisa diakomodasi melalui kebijakan penyusunan rancangan APBD," jelas Syarifuddin.

"Nah, oleh karena itu maka kami dari Kemendagri memberi kesempatan pada gubernur terpilih untuk menuangkan pokok-pokok pikirannya, termasuk Aceh untuk kemudian visi misinya dapat diakomodasi ke dalam rancangan APBA tapi dalam tanda kutip selama hal itu tidak berbenturan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," imbuhnya.

Komentar

Loading...