Unduh Aplikasi

KBRI Pulangkan Empat Nelayan Aceh yang Terdampar di Thailand

KBRI Pulangkan Empat Nelayan Aceh yang Terdampar di Thailand
Kapal Nelayan KM 2016/347 dari Aceh yang terdampar di Phang Nga Thailand. Foto: Ist

BANDA ACEH - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Thailand akhirnya memulangkan empat orang nelayan asal Aceh yang sebelumnya terlantar di Phang Nga Thailand. Kini ke empat nelayan tersebut sudah sampai berada di tanah air.

“Nelayan Aceh yang terdampar di Thailand sudah mendarat di Bandara Kualanamu, Medan dengan selamat dan sehat walafiat,” kata Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, di Banda Aceh Kamis (30/8).

Baca: Berangkat dari Lampulo, Kapal Nelayan Aceh Terdampar di Thailand

Kata Miftach, kedatangan sekaligus penyerahan empat nelayan ini diterima perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Ismid. Nelayan Aceh itu diserahkan oleh staf Konsulat Jenderal KBRI di Thailand, kemudian ke empat orang itu akan kembali ke Aceh.

“Mereka tadi sampai di Medan sekitar pukul 11.00 WIB. Lalu baru berangkat ke Banda Aceh dan diserahkan langsung ke pemilik kapal,” tuturnya.

Miftach menyampaikan, saat proses pemulangan empat ABK kapal nelayan Aceh itu sejauh ini tidak mempunyai kendala apapun.

“Tidak ada kendala, semua lancar. Mereka pulang dengan selamat dan sehat walafiat,” ujarnya.

Sebelumnya, satu unit kapal nelayan Aceh dari pelabuhan Lampulo Banda Aceh terdampar di perairan Phang Nga Thailand sejak Kamis 23 Agustus 2018. Kabar terdamparnya kapal tersebut diterima Panglima Laot Aceh pada Jum'at (24/8).

Kapal nelayan KM 2016/347 berangkat melaut dari Lampulo dengan menggunakan alat tangkap pancing tuna pada Selasa (14/8) sekitar pukul 14.00 WIB menuju laut Aceh.

Kapal yang dinahkodai oleh Arifin asal Simeulu Timur beserta tiga ABK lainnya yakni Muhammad dari Gampong Pulo Bungong Batee Pidie, Dedi Surianto asal Gampong Rumah Panjang Susoh Abdya dan Dendi R dari Dusun Samudra Abdya itu tujuannya menuju sasaran pemancingan kapal, kemudian secara tiba-tiba mesin kapal mati karena baterai mengalami kerusakan tidak tersambungnya pengisian daya.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
DPRA - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...