Unduh Aplikasi

Karhutlah Terus Terjadi di Aceh, BPBA Minta Bantuan BNPB

Karhutlah Terus Terjadi di Aceh, BPBA Minta Bantuan BNPB
Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat yang terjadi beberapa minggu yang lalu. Foto: Ist

BANDA ACEH - Tingginya kebakaran hutan dan lahan yang terus terjadi di beberapa kabupaten di Aceh selama sepekan terakhir, membuat Badan Penanggulanan Bencana Aceh dan BPBD kabupaten kota di Aceh kuwalahan dalam memadamkan api.

Sulitnya petugas memadamkan api di beberapa lokasi karhutla akibat kekurangan sarana pendukung, apalagi hampir rata-rata hutan dan lahan yang terbakar merupakan kawasan gambut.

Untuk mencegah adanya hambatan di lapangan dalam melakukan pemadaman api atas karhutla yang saat ini terjadi di enam kabupaten, BPBA menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memberikan bantuan sarana yang dianggap kurang.

Kepala Badan BPBA, Teuku Ahmad Dadek, mengatakan beberapa sarana atau peralatan yang diajukan ke BNPB terdiri dari pompa apung atau pompa tekanan tinggi portable sebanyak 10 unit.

"Selain itu kita juga minta selang sebanyak 50 rol, alat pemukul api serta cairan peresap untuk pemadaman api," kata Teuku Ahmad Dadek, melalui rilisnya, Jumat, (5/7).

Saat ini, kata dia, ada beberapa uapay ayang terus dilakukan BPBA dan BPBD dalam memadamkan api seperti mendistribusikan sepatu tahan api sebanyak seratus pasang, pemukul api lima puluh unit.

Selain itu pijaknya meminjamkan pompa bantuan BNPB sebanyak dua unit, selang sepanjang 25 rol, membagikan masker terhadap masyarakat wilayah terdampak kebakaran, serta makan siap saji bagi petugas pemadam kebakaran di kabupaten yang saat ini sedang berlangsungnya karhutla.

"Upaya lain yang juga kita telah lakukan yaitu menyampaikan imbauan atau sosialisasi melalui media massa lokal dengan durasi empat kali, serta rapat koordinasi ditiga regional dan telah dilakukan beberapa waktu lalau saat peristiwa karhutla belum terjadi," ucapnya.

Hingga saat ini BPBA merilis kebakaran terjadi di enam kabupaten, meliputi Kabupaten Nagan Raya dengan luas kebakaran mencapai 20,5 hektar yang berada di tiga titik yakni dilokasi perkebunan PT Fajar Baizury dan PT Sawit Nagan Raya Makmur. Dari tiga lokasi titik api, dilaporkan satu lokasi berhasil dipadamkan.

Kabupaten Bener Meriah, kebakaran terjadi di 1 Kecamatan, api sudah berhasil dipadamkan, total lahan yang terbakar lebih kurang seperampat hektar atau 250 meter bujur sangkar.

Kabupaten Aceh Barat Daya, Kebakaran yang terjadi di Abdya sampai saat ini belum padam, dengan total lahan yang terbakar lebih kurang empat hektar.

Kabupaten Aceh Barat, Kebakaran terjadi di 2 Kecamatan, pemadaman sudah mencapai sembilan puluh persen. Total lahan yang terbakar lebih kurang tiga hektar.

Kabupaten Aceh Besar, kebakaran terjadi di tiga Kecamatan, api di dua kecamatan sudah dapat dipadamkan, dan satu lokasi lainnya sedang dalam proses dipadamkan, namun saat ini di satu lokasi yang belum dipadamkan sedang di guyur hujan dengan intensitas tinggi. Total lahan yang terbakar lebih kurang tiga belas hektar

Kabupaten Aceh Selatan, kebakaran yang terjadi di Aceh Selatan saat ini sudah dapat di padamkan. Total lahan yang terbakar lebih kurang tiga hektar setengah.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...