Unduh Aplikasi

Karena WTP adalah Keharusan

Karena WTP adalah Keharusan
ilustrasi: jewelery

PEMERINTAH Aceh kembali mendapatkan predikat Wajar tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan. Ini adalah penghargaan atas laporan yang disajikan pemerintah, baik daerah maupun provinsi, yang dinilai baik.

BPK berharap, opini ini dapat meningkatkan dan memotivasi kualitas penggunaan keuangan daerah. Serta menjadikan pengelolaan keuangan daerah lebih terarah.

Di era modern, akuntabilitas pemerintah dalam mengelola keuangan sangat penting. Ini adalah dasar tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemerintah. Secara luas, hal ini akan berdampak pada partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan.

Di Aceh, dalam empat tahun berturut-turut. Dimulai saat Zaini Abdullah menjabat sebagai Gubernur Aceh. Dan hingga kini, poin plus dalam pertanggungjawaban penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh itu terus terjaga. Hal ini akan semakin mendorong terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.

Namun pencapaian ini hendaknya tidak hanya indah di atas kertas. Karena yang terpenting dalam pengelolaan keuangan daerah adalah manfaatnya. Pengelolaan keuangan, mulai dari proses penganggaran hingga pelaksanaan serta pertanggungjawaban, harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dalam laporan hasil pemeriksaan BPK, proses penganggaran memang masih menjadi catatan. Dan catatan ini tak boleh diabaikan. Karena tak ada gunanya laporan pertanggungjawaban itu disajikan tepat waktu namun tak tepat sasaran pengguna.

Pemerintah Aceh juga harus mendorong agar anggaran yang ada dapat dimaksimalkan untuk belanja publik ketimbang belanja pegawai. Apalagi, APBA masih menjadi instrumen penting yang menggerakkan ekonomi Aceh.

Pemerintah, baik provinsi ataupun daerah, tak perlu membangga-banggakan pencapaian ini. Dalam pemerintahan yang baik dan bersih, opini WTP ini adalah sebuah keharusan, bukan prestasi. Apalagi, beberapa tahun lalu terungkap suap terhadap auditor BPK dari pemerintah daerah untuk mendapatkan WTP.

Komentar

Loading...