Hasanudin
Unduh Aplikasi

KAHMI Dorong Pemerintah Bangun Kepariwisataan Aceh Timur

KAHMI Dorong Pemerintah Bangun Kepariwisataan Aceh Timur
Salah satu potensi objek wisata air panas di Desa Terujak Kecamatan Serbajadi.

ACEH TIMUR - Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Aceh Timur mendorong pemerintah daerah membangun sejumlah potensi kepariwisataan di daerah itu. Sejauh ini banyak potensi objek wisata yang belum dioptimalkan oleh pemerintah setempat.

"Kita dorong pemerintah Aceh Timur mengoptimalkan potensi sektor kepariwisataan sebagai salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah, kabupaten Aceh Timur memiliki beberapa lokasi yang layak dikembangkan sebagai objek wisata. Seperti objek wisata Pantai Leuge di Desa Leuge, pantai Kuala Beukah di Kecamatan Peureulak, Kuala Idi Cut. Ada pula CRU Gajah di Peunaron dan air panas di desa Terujak Kecamatan Serbajadi. Selain itu, potensi alam di Kecamatan Simpang Jernih juga sangat eksotis bila dikelola sebagai objek pariwisata," kata Koordinator Presidium KAHMI Aceh Timur Muhammad Dayyan.

Penggelolaan kepariwisataan ini menurut Dayyan sangat penting, selain mampu mempromosikan daerah, peningkatan ekonomi masyarakat juga berkembang lewat perputaran uang dengan banyaknya tamu yang akan mengunjungi objek wisata tersebut.

"Selain itu objek wisata juga bisa menjadi media pendidikan bagi siswa sekolah untuk belajar tentang kelestarian alam hayati dan nabati (tanaman, hutan). Namun bila mana berkaitan dengan kekhawatiran terhadap terjadi maksiat di lokasi objek wisata, maka perlu diatur tata kelola wisata yang sesuai syariah dan diawasi oleh Wilatul Hisbah dengan membuat posko WH di lokasi wisata," ujar Muhammad Dayyan.

 

Adi Maros

Komentar

Loading...