Unduh Aplikasi

Kadisnaker Mengaku Tak Menerima Laporan Penerimaan Tenaga Kerja di Medco

Kadisnaker Mengaku Tak Menerima Laporan Penerimaan Tenaga Kerja di Medco
Pengunjukrasa saat menghadang mobil pengangkut pekerja luar Aceh di PT. Medco. Foto: Mahyudin

ACEH TIMUR - Kepala Dinas Perindustrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Timur Mansyur mengaku dalam beberapa bulan terakhir ini tidak menerima laporan tentang penerimaan tenaga kerja, baik itu di PT Medco, JEC, maupun subcon-subcon yang bekerja di blok A.

"Kami minta kepada PT. Medco, JEC, swadaya maupun subcon-subcon yang bekerja di Blok A, agar dalam perekrutan tenaga kerja yang tidak membutuhkan keahlian khusus supaya mengutamakan masyarakat sekitar tambang melalui forum keuchik setempat, sebagaimana hasil rapat tahun 2016 yang lalu, yang dihadiri Forkompimda Aceh Timur dan itu harus ditaati," kata Mansyur kepada AJNN, Jumat (23/2).

Baca: Disnaker Aceh Timur Dituding Tutup Mata Terkait Tenaga Kerja di Medco

Mansyur menjelaskan tenaga kerja asing yang bekerja di Blok A, telah memiliki izin yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dan Dirjen Imigrasi. Namun dengan berlakunya Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana kewenangan pengawasan ketenagakerjaan dan wajib lapor tenaga kerja dialihkan menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

"Seharusnya Pemerintah Provinsi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh turun ke lokasi perusahaan untuk melakukan pendataan tenaga kerja, baik tenaga kerja lokal, luar daerah maupun tenaga kerja asing dan menginventarisir permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan sebagai dampak hadirnya PT Medco di Aceh Timur," jelasnya.

Komentar

Loading...