Unduh Aplikasi

Jika Terbukti Maladministrasi, Caleg Terpilih Tak Bisa Dilantik

Jika Terbukti Maladministrasi, Caleg Terpilih Tak Bisa Dilantik
Komisioner KIP Aceh Jaya, Hendri Gunawan.

ACEH JAYA – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Jaya mengungkapkan jika calon anggota legislatif yang bermasalah atau terbukti sudah melakukan maladministrasi tidak bisa dilantik jika terpilih pada Pileg 17 April 2019 nanti.

“Jika terpilih dan terbukti memanipulasi data, yang bersangkutan tidak bisa dilantik sebagai anggota DPRK Aceh Jaya," ungkap Hendri Gunawan salah satu Komisioner KIP Aceh Jaya, Selasa, (2/4).

Namun pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari Panwaslih Aceh Jaya, karena kewenangan terkait hal tersebut ada pada pengawas Pemilu.

Baca: Dua Caleg di Aceh Jaya Diduga Masih Berstatus Pendamping Lokal Desa

"Ini kan ranahnya Panwaslih, jadi selama tidak ada keputusan dari Panwaslih kami juga tidak bisa mengambil tindakan," ujar Hendri.

Sementara itu, pihaknya juga mempertanyakan kenapa baru sekarang muncul dugaan caleg berstatus Pendamping Lokal Desa (PLD). Pasalnya, dulu pada saat sebelum penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT) pihaknya sudah memberikan masa untuk tanggapan masyarakat terkait nama-nama yang akan ditetapkan.

"Dulu waktu ada masa tanggapan masyarakat tidak ada satupun yang melaporkan terkait masih ada yang belum mundur dari PLD," Tuturnya.

Baca: Panwaslih Diminta Usut Dugaan Caleg Berstatus Pendamping Lokal Desa

Selain itu, pihaknya juga merasa dibohongi jika satu saat nanti caleg yang masih berstatus PLD terbukti bersalah, karena pada saat pendaftaran dulu bakal caleg para telah membaca dan menyetujui form yang telah diberikan oleh KIP terkait syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satunya bersedia mundur pada tempat kerja yang bersumber keuangan negara sesuai dengan PKPU nomor 20 tahun 2018.

“Pada saat pendaftaran mereka kan sudah membaca form persyaratan untuk jadi calon legislatif, jika mereka memanipulasi data maka risikonya harus ditanggung sendiri, walaupun terpilih tidak bisa di lantik,” ujar Hendri.

 

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...