Unduh Aplikasi

Jelang Pemilu, Danrem Teuku Umar Minta Wartawan Pantau Prajurit TNI

Jelang Pemilu, Danrem Teuku Umar Minta Wartawan Pantau Prajurit TNI
Danrem 012 TU, Kol Inf Aswardi saat memberi sambutan dalam kegiatan coffe morning dengan wartawan. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Komandan Komando Resor Militer (Korem) 012 Teuku Umar, Kolonel Inf Aswardi meminta kepada wartawan untuk memantau prajurit TNI dalam setiap tindakan yang dilakukan selama tahun politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini.

Ia meminta apabila ditemukan adanya anggota prajurit yang tidak netral untuk segera melaporkan kepadanya. Ia juga memastikan memberikan tindakan hukum kepada prajurit yang secara terbukti mengkampanyekan calon presiden atau caleg tertentu.

“Saya imbau kepada awak media untuk menginformasikan kepada kami jika ada anak buah kami yang tidak netral dalam pemilu, agar kami ambil tindakan hukum,” kata Aswardi dalam kegiatan coffe morning dengan sejumlah awak media, Kamis (11/10).

Sebagai anggota TNI yang tidak mendapatkan hak pilih, kata Aswandi, juga tidak diizinkan menggiring keluarga seperti istri untuk memilih calon yang tertentu.

“Saya meminta kepada anggota TNI untuk tidak terpengaruh dengan janji-janji dari setiap calon, karena siapapun yang menjadi presiden dan anggota legislatif, TNI tetap bekerja netral dan bebas dari intervensi politik,” tegasnya.

Lebih lanjut, Danrem juga berharap kepada wartawan untuk mengkonfirmasi setiap persoalan yang terjadi di lingkungan TNI.

“Kami meminta kepada para rekan-rekan media juga melakukan konfirmasi dari setiap informasi yang diperoleh, kepada kami untuk kami berikan klarifikasi dan tidak langsung menayangkan di media,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang wartawan, Dicky Juwanda dalam mengatakan kalau wartawan juga memiliki sikap netral dalam pemilu. Namun ada perbedaan antara TNI dengan wartawan, dimana wartawan netral dalam bersikap, tapi memiliki hak pilih, sementara TNI tidak.

Sebagai pekerja profesional yang berperan dalam pemberi informasi, media terus membangun silaturahmi dengan pihak manapun termasuk dengan TNI.

“Bahkan di Aceh Barat tidak ada gesekan antara TNI dan wartawan dan hubungan selalu harmonis. Kami berharap ini terus terjaga lewat silaturahmi ini seperti hari ini,” kata Dicky.

Komentar

Loading...