Hasanudin
Unduh Aplikasi

Jelang Lebaran, Warga Serbu Kue Kering di Lhokseumawe

Jelang Lebaran, Warga Serbu Kue Kering di Lhokseumawe
Pedagang kue kering di Pasar Pusong, Kota Lhokseumawe. Foto: Sarina

LHOKSEUMAWE – Menjelang H-6 Lebaran Idul Fitri 1439 H. Warga Kota Lhokseumawe mulai memadati sejumlah pasar tradisional di kota setempat, selain mencari baju lebaran mereka juga menyerbu kue kering hidangan khas lebaran di pasar-pasar tersebut.

Pantauan AJNN, pembeli kue kering mulai terlihat ramai di sejumlah pasar tradisional Kota Lhokseumawe, seperti terlihat di pasar Inpres, Pasar Pusong, dan Pasar Batuphat, kota setempat.

Salah seorang pedagang kue kering, Juliana mengatakan, mereka mulai menjual dagangan itu semenjak tiga hari terakhir. Sementara, pembeli sudah mulai ramai dari pagi hingga malam hari, dan menurut perkiraan kue kering juga akan diburu pembeli sekita malam hari raya Idul Fitri tiba.

“Iya, sudah mulai ramai, kadang-kadang dari pagi sampai siang penuh pembeli,” katanya kepada AJNN, Jumat (8/6).

Juliana menambahkan, untuk harga kue yang dijual bervariasi mulai Rp 40 ribu per kilogram hingga Rp 140 ribu per kilogram. Sementara pasokan kue kering diambil dari Daerah Siglie, Provinsi Aceh, dan Kota Medan, Sumatera Utara. Ada beraneka ragam kue yang di jual, yakni kue lidah kucing, kue Nastar, Astor, kue supet, kacang-kacangan, keju dan berbagai jenis kue kering lainnya.

“Harga kue lebaran ini naik Rp 20 ribu dari lebaran sebelumnya. Seperti, Nastar biasanya kita jual Rp 120 ribu, kini harus kita jual Rp 140 ribu per kilogram, lidah kucing sebelumnya Rp 100 ribu sekarang harus kita jual Rp 120 ribu per kilogram. Penyebab kenaikannya kita tidak tau persis kenapa,” ungkapnya.

Tambahnya, hasil jualan kue kering tersebut, para pedagang bisa meraup omzet Rp 1 juta hingga Rp 1.5 juta per hari, tergantung dari keramaian pembeli itu sendiri. Dan kue kering tersebut akan dijual hingga malam lebaran Idul Fitri tiba.

“Alhamdulillah, hingga hari ini pembeli masih ramai,” ungkapnya.

Adi Maros

Komentar

Loading...