Unduh Aplikasi

PASCA-MOBIL TERJUN KE JURANG GEURUTEE

Janji Terowongan Geurutee Kembali Ditagih

Janji Terowongan Geurutee Kembali Ditagih
Warga sedang mengevakuasi korban mobil pick up yang terjun ke Gunung Geurutee. Foto: Ist

ACEH JAYA - Pascatragedi terjun bebas mobil Barang Suzuki Carry Pick Up, BL 8332 W, yang mengangkut rombongan lebaran di Kilometer 65 puncak Gunung Geurutee, Desa Babah Ie, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Kamis (6/6) lalu masih mengisahkan duka yang mendalam terutama keluarga yang ditinggalkan.

Pasalnya, selain sudah kehendak dari yang di atas, musibah yang menelan tiga korban jiwa itu juga dipicu oleh jalan yang sempit serta tidak adanya pengaman badan jalan sehingga mobar yang mengangkut rombongan lebaran itu terjun bebas ke dalam jurang bebatuan yang kedalamannya capai 50 meter.

Jubir Pemuda Lamno Daya (PLD) Efendi yang dihubungi AJNN, Senin (10/6) mengatakan kondisi jalan yang sempit dan rawan kecelakaan itu sudah sangat sering disuarakan, bahkan sebelum musibah mobil pick up terjun ke jurang kemarin.

"Hari ini kami kembali menagih janji Plt Gubernur yang dulunya pernah berjanji akan membangun Terowongan Geurutee, demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan lintas barat selatan," kata Efendi.

Baca: Identitas Penumpang Mobil yang Jatuh ke Jurang Geurutee

Menurutnya, jika memang membangun Terowongan Geurutee terlalu sulit, pihaknya meminta pemerintah untuk memperluas badan jalan di Gunung Geurutee supaya pelintas lebih terhindar dari lakalantas yang sudah sangat sering menelan korban.

"Kalau kondisi saat ini memang sudah sangat miris, disemua tekungan jalan di Gunung Geurutee sudah sangat rawan kecelaan, sudah jalannya sempit, rawan longsor ditambah lagi minimnya pengaman badan jalan sehingga sangat membahayakan bagi pelintas," ujarnya.

Dari itu, pihaknya meminta pemerintah jangan munutup mata terhadap kondisi Gurung Geurutee saat ini.

"Kami hanya meminta solusi dari pemerintah, lintas Gunung Geurutee tidak hanya dilalui oleh masyarakat Lamno dan Aceh Jaya saja, namun semua masyarakat barat selatan Aceh menggunakan jalur ini," ujar Efendi.

Komentar

Loading...