Topik

Jalan Penghubung Tiga Desa di Abdya Rusak Parah

·
Jalan Penghubung Tiga Desa di Abdya Rusak Parah
Kondisi jalan penghubung tiga desa di Abdya

ACEH BARAT DAYA - Jalan penghubung Gampong Ladang Panah yang melintasi Gampong Lhok Puntoi dan Pusu Ingin Jaya Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rusak parah.

Pasalnya, badan jalan sepanjang satu kilometer tersebut kondisinya terkelupas dan penuh lubang berbentuk kubangan. Akibatnya, warga setempat kewalahan saat melitas apalagi pada musim hujan.

"Sudah hancur bahkan di tempat-tempat tertentu tidak terlihat lagi badan jalan," kata warga setempat Irwan (32) kepada AJNN, Senin (19/6).

Menurutnya, jalan tersebut merupakan akses utama untuk melintasi desa lainnya dan juga jalan penghubung antara Kecamatan Lembah Sabil dan Manggeng.

"Padahal jalan ini juga sebagai jalur alternatif penghubung antara Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil. Namun mesti bilang apa lagi, kondisi jalan dipenuhi lubang sehingga sangat susah untuk kita lewati baik berjalan kaki maupun dengan kenderaan terutama saat musim hujan,” tutur Irwan.

Ia menambahkan, rusaknya jalan tersebut sangat menghambat aktivitas warga, baik bagi anak sekolah maupun para petani saat membawa hasil panen.

"Serba susah sebab kalau musim hujan kondisi jalan berlumpur, begitu juga kalau cuaca kemarau banyak debu," tegas Irwan.

Dia berharap, pemerintah setempat dapat segera memperbaiki jalan desa itu mengingat padatnya aktivitas warga yang melintas di jalan tersebut.
"Harapan kita agar jalan ini segera dibangun, karena ini merupakan kebutuhan utama bagi warga tiga desa," pinta Irwan.

Hal senada juga diakui Keuchik Ladang Panah, Anisar menurutnya kondisi jalan tersebut sudah lama hancur tanpa ada tanda-tanda akan diperbaiki oleh dinas terkait.

"Kurang lebih hampir delapan tahun jalan tersebut kondisinya rusak parah tanpa ada perbaikan," tuturnya.

Padahal sambung Anisar, pihaknya sudah berkali-kali mengusulkan dalam setiap musrembang, namun hingga kini juga belum diperbaiki.

"Kita sudah sampaikan dalam tiap Musrembang desa maupun kecamatan, tapi usulan tersebut hingga kini belum ada tanggapan, malah anak sekolah kecelakaan beberapa kali disebabkan oleh kondisi jalan tersebut," katanya.

Komentar

Loading...