Insentif PKB - BPKA 2019
Unduh Aplikasi

Jalan Alternatif ke Lampahan Bener Meriah Longsor

Jalan Alternatif ke Lampahan Bener Meriah Longsor
Foto: Ist

BENER MERIAH – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bener Meriah menyebabkan dua hektare lahan di Gampong Suka Makmur, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah tergerus arus air. Akibatnya, jalan alternatif menuju ke Lampahan longsor, Jumat (11/1).

“Jadi penyebabnya yaitu aliran air asin yang ada di Simpang Balik sangat deras dan ditambah dengan air hujan sehingga mengakibatkan lahan tergerus air dan menyebabkan longsong,” kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Agus Ampera kepada AJNN melalui telepon seluler.

Sambungnya, jalan dari Kampung Suka Makmur tersebut merupakan jalan alternatif menuju Lampahan, yang mana bila masyarakat kampung itu menempuh jalan melalui Simpang Balik harus menempuh jarak hampir 20 kilometer bila akan menuju ke Lampahan.

Namun bila melewati jalan alternatif tersebut, masyarakat setempat  hanya menempuh jarak sekitar 3 kilometer  untuk sampai ke Lampahan dan akan lebih dekat.

“Longsornya jalan alternatif ini sudah terjadi dalam dua tahun terakhir, namun di tahun 2018 ini adalah merupakan longsor terparah. Kondisi jalan saat ini sudah tidak layak dilalui segala jenis kendaraan bermotor, bila hujan turun dalam intensitas tinggi, dikhawatirkan akan membuat kerusakan jalan alternatif ini semakin parah,” ungkapnya.

Agus juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat supaya berhati-hati, karena dikhawatirkan bagi anak-anak sekolah yang sering melewati daerah tersebut. mengingat kondisi sangat labil dan dikhawatirkan akan longsong lagi, maka masyarakat harus waspada.

Khanduri Laot
GANN

Komentar

Loading...