Ucapan Idul Fitri PLN
Topik

Jaksa Tahan 11 Tersangka Korupsi

·
Jaksa Tahan 11 Tersangka Korupsi

BANDA ACEH - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh menahan 11 tersangka korupsi proyek penguatan tebing Krueng Aceh desa Lampaseh Krueng Kecamatan Aceh yang anggarannya bersumber dari dana Otsus 2013 dengan nilai kontrak Rp 3 milliar lebih.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Aceh Amir Hamzah mengatakan para tersangka tersebut merupakan pelimpahan dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh ke Kejati Aceh.

"Tim penyidik Ditreskrimsus Polda Aceh menyerahkan para tersangka korupsi dan barang bukti untuk proses penuntutan," katanya, Rabu (11/1).

Kesebelas tersangka tersebut adalah AZ selaku Kuasa Penguna Anggaran (KPA), MU (PPTK), sementara SUM, RAM, IS, YUS merupakan konsultan pengawas, sedangkan HA, TA, ZA, MUN, RAH sebagai pihak PHO pada proyek penguatan tebing di Aceh Besar.

Amir Hamzah menyebutkan dalam pengerjaan proyek penguatan tebing tersebut terdapat penyelewangan baik di atur dalam kepres maupun undang-undang tindak pidana korupsi seperti pengalihan pekerjaan tersebut ke pihak lain.

"Pekerjaan tersebut dilakukan sejak Juli 2013 namun, hingga batas waktu yang telah ditentukan pekerjaan tersebut hingga saat ini tidak selesai dikerjakan," ujarnya.

Akibat tidak selesainya pekerajaan tersebut, kata Amir Hamzah terjadi pengurangan volume, bahkan proyek yang tidak selesai dikerjakan tersebut roboh.

"Proyek yang belum selesai dikerjakan tersebut roboh, hingga batas waktu yang ditentukan selama 50 hari proyek tersebut juga tidak diperbaikinya. Walaupun item pekerjaan tidak tuntas dikerjakan, namun mereka tetap mencairkan seluruh uang (100%) sesuai kontrak," jelasnya.

Dari hasil audit BPK RI dan audit terhadap fisik bangunan oleh tim ahli teknis terdapat kekurangan pekerjaan dan kerugian negara sebesar Rp 1,3 milliar.

Kasus perkara ini sendiri, kata Amir Hamzah sudah ditangani Ditreskrimsus sejak tahun lalu dan dinyatakan sudah lengkap kemudian dilimpahkan tahap kedua ke jaksa untuk dibawa ke persidangan.

"Kita akan tahan ke 11 tersangka ini selama dua 20 hari di rutan Lambaro Banda Aceh, selanjutnya akan segera dilimpahkan ke pengadilan Tipikor," kata Amir Hamzah.

Ucapan Idul Fitri Pemkab Pidie Jaya
Ucapan Selamat BPMA
HUT Pidie Jaya 10 Tahun

Komentar

Loading...