Unduh Aplikasi

Jaksa Limpahkan Berkas Perkara Darmili ke Pengadilan

Jaksa Limpahkan Berkas Perkara Darmili ke Pengadilan
Mantan Bupati Simeulue, Darmili digiring ke mobil tahanan Kejati Aceh, Foto: AJNN.Net/Tommy.

BANDA ACEH - Berkas perkara mantan Bupati Simeulue, Darmili terkait dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) telah dilimpahkan tim jaksa penuntut umum (JPU) Kejati Aceh kepada Pengadilan Negeri/Tipikor Banda Aceh.

Penyerahan berkas anggota DPRK Simeulue itu langsung diserahkan Kasie Penuntutan, Umar Asegaf kepada Panitera PN Banda Aceh, Tanwiman Syam, SH, Rabu (14/8).

Kasie Penuntutan, Umar Asegaf mengatakan pelimpahan berkas perkara Darmili ke pengadilan menyusul telah rampung dakwaan yang disusun tim JPU Kejati Aceh.

"Berkas telah diserahkan, selanjutnya tinggal menunggu penetapan waktu sidang dari majelis hakim yang ditunjuk," kata Umar.

Baca: Mantan Dirut PDKS dan Orang Kepercayaan Darmili Diperiksa Penyidik Kejati Aceh

Dalam perkara tersebut, kata Umar, Kejati Aceh telah menyiapkan 10 orang jaksa untuk menghadapi sidang dugaan korupsi PDKS.

"Dengan pelimpahan berkas perkara tersebut, status tahanan Darmili sudah beralih menjadi tahanan majelis Hakim," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Bupati Simeulue terlibat kasus penyertaan modal pada PDKS tahun 2002-2012. Dari hasil audit internal kejaksaan ada kerugian keuangan negara sebesar Rp 5 miliar.

Selain menahan Darmili, penyidik juga telah menyita sejumlah aset milik anggota DPRK Simeulue salah satunya rumah mewah di kawasan Neusu Aceh, Banda Aceh dan satu unit mobil Fortuner.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...