Unduh Aplikasi

Internasional Rapa'i Festival Resmi Dibuka

Internasional Rapa'i Festival Resmi Dibuka
BANDA ACEH - Internasional Rapa'i Festival yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh resmi dibuka.

Acara yang akan berlansung selama lima hari tersebut dibuka gubernur Aceh yang diwakili Sekda Aceh Drs Darmawan, di Taman Ratu Safiatuddin Lamprit Banda Aceh, Jumat Malam (26/8).

Pembukaan acara itu dimeriahkan dengan tari tradisional Aceh, disertai penabuhan Rapa'i Pase secara serentak.

Kapala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi dalam sambutanya menyampaikan acara Internasional Rapa'i Festival bertujuan sebagai upaya perlindungan terhadap budaya khususnya rapa'i. Kemudian untuk memperkenalkan rapa'i itu sendiri, kepada masyarakat luar Aceh.

"Mempromosikan Aceh sendiri dalam even ini menjadi memomentun Aceh untuk memperkenalkan keunggulan Aceh yaitu sebagai destinasi wisata halal di Indonesia," kata Reza Fahlevi

Acara tersebut dimeriahkan oleh Lima negara tetangga yaitu Thailan, Cina, Irán, Malaysia dan Jepang, disamping itu juga hadir peserta dari beberapa provinsi di Indonesia.

Dalam sambutanya Seketaris Daerah Aceh Darmawan mengatakan Aceh daerah yang kaya seni budaya, meskipun konflik budaya terus berkembang.

"Salah satunya adalah seni rapa'i, semakin berkembang dan beragam seiring berjalanya waktu," kata Darmawan dalam sambutanya

Dalam kesempatan itu Pemerintah Aceh berkeinginan mendekatkan musik rapa'i dengan masyarakat internasional, dan memperkenalkan Aceh sebagai daerah destinasi wisata halal pada 2016.

"Kami berharap acara ini tidak hanya sebagai hiburan belaka tapi juga dapat meningkat kecintaan masyarakat terhadap kesenian di Aceh. Khususnya rapa'i," tuturnya.

Komentar

Loading...