Unduh Aplikasi

Inikah Pantai Paling Unik di Australia?

Inikah Pantai Paling Unik di Australia?
Dari jauh, Shell Beach di Australia tampak seperti pantai kebanyakan. Tapi jika dicermati, yang ada di tepi pantainya bukan pasir melainkan jutaan cangkang kerang!

Pantai biasanya mempunyai hamparan pasir putih, tapi tidak dengan Shell Beach atau Pantai Kerang. Tepian pantai yang berlokasi di Shark Bay Road, Denham, Western Australia ini dihiasai dengan cangkang kerang.

Ditengok detikTravel dari situs pariwisata western Australia, Senin (1/2/2016) ada jutaan kerang di kawasan Shell Beach. Cangkang kerang tersebut tampak melapisi daratan di sekitar pantai. Pasir pantai pun hampir tak terlihat lagi.

Banyaknya kerang diyakini terjadi karena air laut di sana memiliki tingkat keasinan yang tinggi. Maka perkembangbiakan kerang menjadi benar-benar tidak terkendali. Selain itu, predator kerang di sini jumlahnya minim, sehingga perkembangbiakannya jauh dari gangguan.

Hal tersebut sudah terjadi selama ribuan tahun yang lalu. Cangkang kerang pun tersebar ke segala penjuru. Ratusan meter dari bibir ke arah lepas pantai, cangkang kerang yang berserakan pun masih bisa ditemukan.

Dengan keunikannya, tak sedikit turis yang tertarik liburan di Shell Beach. Jalan-jalan di pinggir Shell Beach rasanya pasti berbeda dengan pantai kebanyakan. Traveler sebaiknya memakai alas kaki jika ingin jalan-jalan santai di tepian, agar tidak lebih nyaman melewati cangkang kerang yang kasar.

Pantai yang tercatat sebagai Situs Warisan Dunia ini populer sebagai tempat berenang dengan ombak yang bersahabat. Kalau mau kemping di sekitar pantai juga bisa karena sudah ada area khususnya.

Shell Beach terbuka setiap hari untuk wisatawan, masuknya pun gratis. Untuk mencapai pantai, kalau dari Perth misalnya, wisatawan bisa naik pesawat hingga Denham. Kemudian tinggal berkendara sekitar 45 menit dari pusat Kota Denham hingga Shell Beach.

Komentar

Loading...