Unduh Aplikasi

Ini penyebab mengapa NasDem menang di Aceh

BANDA ACEH -  Sebagai partai debutan perolehan suara NasDem di Aceh merata. Meski tidak berada pada peringkat pertama namun hampir disemua kabupaten kota NasDem berada pada peringkat dua dan tiga. Bahkan di Banda Aceh NasDem menjadi juara.

Lantas apa penyebab NasDem menang?

"NasDem sebagai partai baru memberikan komitmen besar untuk perubahan lewat marketing politik yang mereka jalankan," kata Chairul Fahmi, Direktur The Aceh Institute kepada AJNN, Minggu (13/4).

Menurut Fahmi, NasDem sukses besar kota-kota yang notabene pemilih cerdas. "Di mana masyarakat yang intelek akan memilih partai yang cerdas, tidak melakukan intimidasi dan itu ada pada NasDem," ujarnya.

Ditambah lagi rasa kekecewaan masyarakat pada partai lama, yang menurutnya kinerja tidak terlalu baik. Ini merupakan harapan masyarakat terhadap Nasdem untuk melakukan perubahan.

Pendapat lain disampaikan pengamat politik Aceh Aryos Nivada. Kata dia, kejelian NasDem merekrut aktivis mahasiswa dan tokoh-tokoh muda ke dalam partai berbuah hasil.

Selain itu faktor Surya Paloh juga menjadi alasan lain mengapa Nasdem laku di Aceh.

"Pencitraan melalui media juga berjalan, kemudian kader mereka yang umumnya para pemuda lebih militansi," tambah pendiri Jaringan Survey Inisiatif ini.

Satu hal yang paling penting kata dia, muncul tren harapan baru pada pasrtai baru yaitu NasDem.

ZULKARNAINI MASRY

Komentar

Loading...