Ucapan Idul Fitri PLN
Topik

Ini Penyebab Harga Cabai Merah Melonjak

·
Ini Penyebab Harga Cabai Merah Melonjak
Seorang pembeli berdiri di depan tumpukan cabai merah. Harga komoditas ini terus melonjak menjelang Idul Adha. Foto: Darmansyah Muda
ACEH BARAT - Kurangnya pasokan cabai merah selama satu bulan terakhir sehingga membuat harga semakin melambung. Bahkan kenaikan harga diperkirakan terus terjadi menjelang meugang Idul Adha.

Salah satu penyebabnya adalah cuaca buruk yang berlangsung hampir sebulan terakhir. Akibatnya, banyak petani cabai mengalami gagal panen. Hal ini berdampak pada minimnya pasokan cabai merah di pasaran.

“Otomatis, harga pun melambung,” kata kepala bidang perindustrian dan perdagangan di Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan Aceh Barat, Cut Titi Herawati Rahmah, kepada wartawan, Kamis (9/9).

Untuk mencukupi pasokan ke masyarakat di Aceh Barat, para pedagang mengandalkan pasokan dari luar daerah, seperti Aceh Tengah, dan Sumatera Utara.

Dia memperkirakan harga cabai merah di Aceh Barat bakal menembus angka Rp 80 ribu per kilogram jika hal ini terus berlanjut. “Harga akan stabil sepertinya dua minggu setelah Idul Adha. Permintaan cabai biasanya tinggi saat pada Hari Raya Kurban. Karena orang-orang akan menyembelih hewan kurban selama tiga hari,” kata Titi.

Namun Titi berharap Badan Urusan Logistik dapat membantu melakukan operasi pasar untuk bumbu dapur. Sehingga harga bumbu dapur, terutama yang berbahan
cabai merah, tidak melonjak tinggi.
Ucapan Idul Fitri Pemkab Pidie Jaya
Ucapan Selamat BPMA
HUT Pidie Jaya 10 Tahun

Komentar

Loading...