Unduh Aplikasi

Idul Fitri, Momentum Bersyukur

Idul Fitri, Momentum Bersyukur
Ilustrasi: bigstock.

IDUL Fitri berarti kembali bersih. Ini adalah doa; harapan seorang muslim, setelah sebulan lamanya berpuasa. Ramadan menjadi pancuran yang diharapkan dapat membersihkan diri dari dosa-dosa. Semoga apa yang kita dambakan, dikabulkan oleh Allah SWT.

Idul Fitri juga menjadi momentum untuk bersilaturahim atau bersilaturahmi. Meski konteksnya sedikit berbeda, namun substansi dua kata ini sama.

Ini adalah momentum yang tepat bagi kita menjalin lagi silaturrahim. Menyapa dan mengunjungi kembali rekan-rekan yang lama tak terdengar kabar. Meleburkan diri dalam persamaan dan keinginan untuk saling mencintai dan menghormati. Setelah sebelumnya berbalut ego, bahkan saling menghardik dan membenci.

Idul Fitri juga hendaknya menjadi momentum untuk kembali melongok ke dalam. Bahkan lebih dalam untuk menginsyafi bahwa sebenarnya selama ini kita lebih banyak merasa diri benar. Lebih baik dari orang lain. Merasa diri lebih tinggi dan memandang yang lain rendah. Padahal semua ini hanya mungkin kita rasakan karena Allah, Zat Maha Mulia, menutupi aib kita.

Idul Fitri adalah kesempatan untuk memperlakukan diri lebih rendah dan mengapresiasi keberadaan orang lain. Mematangkan pemikiran dan saling belajar untuk menghargai perbedaan. Kesempatan untuk berbagi dan mengasihi dengan pemahaman bahwa kita ini berasal akar yang sama.

Sambil menikmati hidangan bersama sanak keluarga, jangan saudara-saudara kita yang kekurangan. Hidup dalam cengkeraman ketakutan dan ancaman antara hidup dan mati. Mudah-mudahan, Allah memberikan kemudahan dan mengangkat beban di hati mereka. Sama seperti Allah mengangkat segala kesulitan kita lewat jalan-jalan yang tak pernah kita duga. Karenanya, bersyukurlah.

Selamat beridul fitri.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...