Unduh Aplikasi

Helikopter BNPB Masih Terus Lakukan Pemadaman Karhutla di Aceh Barat

Helikopter BNPB Masih Terus Lakukan Pemadaman Karhutla di Aceh Barat
Kru helikopter BNPB melakukan persiapan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat berada di Kompleks Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya. Foto: Dok BPBA

ACEH BARAT - Hingga Senin (12/8) sore, pemadaman atas kebakaran lahan dan hutan di Desa Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat masih terus dilakukan menggunakan helikopter water bombing.

Pemadaman dilakukan lantaran masih munculnya asap dipermukaan lahan yang terbakar di desa tersebut, meski hujan deras sempat mengguyur Aceh Barat, Minggu (11/8) malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, mengatakan pemadaman yang dilakukan menggunakan helikopter water bombing tersebut untuk melakukan pendinginan pada lahan yang terbakar, lantaran masih adanya asap.

Baca: 95 Persen Lokasi Karhutla di Aceh Sudah Padam Akibat Hujan

"Masih dilakukan penyiraman untuk dilakukan pendinginan total mengingat lahan gambut," kata Ahmad Dadek kepada AJNN.

Saat ditanya lebih lanjut apakah lahan atau kawasan gambut di Desa Ujong Tanoh Darat lebih dalam dari lahan gambut kawasan lain di Aceh Barat, Dadek mengaku belum bisa memastikan.

"Hingga saat ini dilaporkan asap maaih terlihat, dan helikopter water bombing akan melanjutkan penyiraman besok hari, sehingga kawasan hutan dan lahan yang terbakar tersebut benar-benar tidak muncul lagi asap," ujarnya.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...