Unduh Aplikasi

Hari Ini Google Mulai Gelontorkan Pembaruan Android 10

Hari Ini Google Mulai Gelontorkan Pembaruan Android 10
Foto: CNN Indonesia

JAKARTA - Google diketahui mulai menggulirkan pembaruan peranti lunak Android 10 untuk pengguna mulai hari ini (3/9). Seperti tradisi yang sudah-sudah, ponsel Pixel generasi pertama hingga yang terbaru menjadi perangkat pertama yang mendapat pembaruan Android 10.

Rogers, operator asal Kanada menjadi yang pertama kali mengungkap kabar ini melalui situsnya.

Alih-alih menuliskan pembaruan Android 10 untuk semua ponsel Pixel, Rogers mencatat pembaruan Android Q yang notabene adalah nama yang sempat diisukan akan dipakai Google.

Mengutip 9to5Mac, ponsel Google Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 Xl, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, dan Pixel 3a XL mulai mendapatkan pembaruan OS Android 10 pada 3 September 2019.

Selain Rogers, operator seluler Kanada lainnya yakni Telus juga mengungkap tanggal pembaruan sistem operasi Android. Selain menggulirkan sistem operasi versi teranyar, Telus mencatat pengguna ponsel Pixel juga mendapat pembaruan dari sisi keamanan.

Dilansir International Business Times, Google sebelumnya sempat menginfokan pembaruan Android 10 versi final rampung pada awal Agustus. Dengan begitu, pengguna Android bisa mulai mendapat pembaruan peranti lunak.

Sementara itu, ketika CNNIndonesia.com mencoba mendapat pembaruan pada ponsel Pixel yang digunakan belum memunculkan ketersediaan Android 10.

Selain seri Pixel, sejumlah ponsel besutan Samsung, Sony, Asus, LG, Xiaomi, Nokia, Oppo, Vivo, dan OnePlus dipastikan juga mendapat pembaruan Android 10 dalam beberapa pekan kedepan.

Untuk pertama kalinya Google keluar dari pakem penggunaan nama makanan penutup untuk sistem operasi buatannya. Dalam blog resminya, Google mengakui jika penamaan sistem operasi menyenangkan, namun cara ini ternyata sulit dipahami orang dari negara-negara tertentu.

"Misalnya, L dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa. Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop keras, itu tidak jelas secara intuitif bahwa merujuk ke versi setelah KitKat," tulis Sameer Samat, wakil manajemen produk Android.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...