Unduh Aplikasi

Harga Daging Kerbau di Abdya Capai Rp 200 Ribu Per Kilogram

Harga Daging Kerbau di Abdya Capai Rp 200 Ribu Per Kilogram
Pedagang di pinggiran sungai Krueng Beukab sedang melayani pembeli. Foto: AJNN.Net/Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Harga daging meugang menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H di sejumlah lokasi Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), berkisar antara Rp 180 hingga Rp 200 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pedagang daging kerbau dan sapi di pinggiran sungai Krueng Beukah, Buyong, mengatakan saat dibuka daging kerbau dijual kisaran Rp 180 ribu per kilogramnya. Namun, menjelang pukul 09.30 WIB harga daging merangkak naik menjadi Rp 200 ribu per kilogramnya.

"Pagi tadi untuk daging kerbau Rp 180 ribu satu kilonya, sekarang naik jadi Rp 200 ribu. Kalau daging sapi masih di bawah itu, sekitar Rp 170 ribu," kata Buyong kepada AJNN, Sabtu (4/5).

Menurutnya, harga kerbau tahun ini naik signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya bisa mencapai Rp 32 juta per ekor. Selain itu, kenaikan juga dipicu persediaan daging yang sudah mulai menipis sedangkan permintaan terus meningkat menjelang siang.

Lebih lanjut, ia mengatakan, daging-daging kerbau dan sapi tersebut masih didatangkan dari luar Abdya, seperti Nagan Raya, Aceh Besar, Bener Meriah bahkan dari Sumatera Utara.

"Rata-rata kami pasok dari luar, seperti Nagan, Aceh Besar dan Medan," ungkapnya.

Armia, seorang pembeli mengatakan harga yang ditawarkan relatif tinggi. Namun, karena ini momentum tahunan ia tetap membeli meskipun dikurangi jumlahnya.

"Mahal sekali bang, saya beli Rp 200 ribu perkilogram nya. Jadi, cuma beli dua kilogram saja," ujarnya.

Pantauan AJNN di lokasi, warga mulai berdatangan ke lokasi pada pukul 05.30 WIB. Hingga pukul 11.00 WIB warga masih terlihat ramai mendatangi lokasi. Selain daging, beberapa pedagang bumbu juga ikut mendapat keuntungan dengan adanya pasar dadakan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, di Kecamatan Kuala Batee harga daging sapi mencapai Rp 180 ribu perkilogramnya. Kemudian, di Kecamatan Manggeng harga daging sapi hingga siang ini bertahan di kisaran Rp 190 ribu per kilogramnya.

Komentar

Loading...