Unduh Aplikasi

Harga Barang Melonjak Saat Perayaan Maulid, Bulog Operasi Pasar

Harga Barang Melonjak Saat Perayaan Maulid, Bulog Operasi Pasar
Warga berbelanja di Pasar Murah yang digelar Bulog dan Desperindag Aceh di Gampong Blang Beurandang Aceh Barat, Sabtu, (8/12/2018). Photo : AJNN.NET/ Darmasnyah Muda

ACEH BARAT - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Aceh menggelar operasi pasar dengan membuka pasar murah di Gampong Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Sabtu (8/12/2018).

Kegiatan tersebut digelar untuk mengantisipasi lonjakan harga barang yang terjadi saat perayaan Maulid Nabi Muhammad. Operasi tersebut menyasar masyarakat ekonomi lemah atau menengah kebawah.

“Selain mengatasi lonjakan harga barang saat bulan maulid, operasi pasar ini juga guna mengatasi lonjakan jelang natal dan tahun baru,” kata Kepala Bulog Aceh, Basirun didampingi Kabulog Divisi Regional Meulaboh, Ade Mulyani, disela meninjau operasi pasar di Gampong Blang Beurandang, Aceh Barat, Sabtu.

Basirun mengatakan selain Aceh Barat, operasi serupa juga dilakukan serentak di 23 Kabupaten/Kota di Aceh. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Aceh.

" Operasi ini khususnya menyasar masyarakat ekonomi menengah kebawah agar membantu merek mendapatkan kebutuhan pokok, dengan harga jual miring dibandingkan harga dipasaran," kata Basirun.

Dalam operasi tersebut lanjut Basirun, Bulog mendistribusikan bahan pokok berupa beras sebanyak 253.000 kg (253 ton), gula pasir 184.000 kg (184 ton), minyak goreng 184 liter (184 ton), tepung terigu 46.000 kg (46 ton) dan telur ayam 918.850 butir.

“ Untuk masing-masing kabupaten kota dengan kuantum 11 ton beras, 8 ton minyak goreng, 8 ton gula, 2 ton tepung terigu dan telur 39.950 butir,” ungkapnya.

Dalam operasi pasar harga kebutuhan pokok seperti beras dengan kualitas premium dijual seharga 95 ribu per sak 15 kilogram, harga gula pasir 10 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan 10 ribu per kilogram, tepung terigu 6 ribu rupiah per kilogram dan telur ayam 36 ribu rupiah per kilogram.

Tak hanya ditingkat kecamatan, operasi kata Basirun akan menyasar Gampong-gampong di setiap Kabupaten di Aceh. Kementrian Perdagangan (Kemendag) meminta Bulog memperbesar outlet operasi pasar Cadangan Beras Pemerintah (CBP) hingga kelevel terkecil melalui operasi pasar (OP).

" Tahun 2018 Bulog telah melaksanakan pasar murah selama tiga kali dan hasil evaluasi tidak ada masalah yang signifikan selama kegiatan digelar. Stok logistik Perum Bulog selalu siap dan jumlah kuota yang didistribusikan tergantung ketersediaan anggaran yang disubsidi Disperindag Aceh," demikian Basirun.

Komentar

Loading...