Unduh Aplikasi

Harga Anjlok, Petani Pinang Aceh Utara Menjerit

Harga Anjlok, Petani Pinang Aceh Utara Menjerit
Pinang. Foto: Net

ACEH UTARA - Sejak dua pekan terakhir harga komoditas perkebunan yaitu pinang mengalami penurunan di Aceh Utara. Hal tersebut karena minimnya permintaan pinang di sejumlah daerah di luar Aceh.

"Harga pinang mengalami penurunan sejak dua pekan terakhir, sebelumnya kami menjual Rp 10.000 per kilogram sekarang Rp 7.000 per kilogram kepada pengepul," kata Sulaiman warga Nisam kepada AJNN, Rabu (12/6).

Menurut pengakuan salah seorang toke pengepul pinang di Nisam, Aceh Utara, Sulaiman, salah satu yang mempengaruhi turunnya harga pinang karena minimnya permintaan pinang dari negara tujuan ekspor ke beberapa negara.

"Normalnya kami menjual harga pinang kepada pengepul dengan harga rata-rata perkilogramnya antara Rp 10.000 hingga Rp 11.000 perkilogramnya," ujarnya.

Selain itu, menurutnya kondisi cuaca yang mulai memasuki musim hujan nantinya akan ikut mempengaruhi pasokan pinang. Kondisi tersebut sangatlah berpengaruh terhadap hasil panen dan penghasilan yang di peroleh para petani pinang di seputaran Aceh Utara dan sekitanya.

"Kami petani sangat berharap agar pihak pemerintah setempat memberikan solusi dan jalan keluar untuk kelangsungan kami petani pinang," ujarnya.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...