Unduh Aplikasi

Harapan Ketua MPU Aceh Barat, Poligami Bisa Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

Harapan Ketua MPU Aceh Barat, Poligami Bisa Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat
Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Barat, Teungku Abdul Rani Adian. Foto: AJNN.Net/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Barat, Teungku Abdul Rani Adian, menilai wacana legalisasi poligami di Aceh dalam keadaan dilematis, di tengah kondisi ekonomi dan kemiskinan di Aceh masih tinggi.

Meski demikian, kata Abu Rani--sapaan akrab Teungku Abdul Rani Adian--legalisasi poligami diharapkan mampu tingkatkan taraf ekonomi masyarakat. Karena poligami sudah diatur dalam agama dan tidak mungkin ditolak.

"Ini memang sebenarnya dilema di tengah kondisi ekonomi dan kemiskinan yang masih tinggi di Aceh, tapi kita harapkan poligami bisa meningkatkan taraf ekonomi," kata Abu Rani, kepada wartawan, Rabu (10/7).

Baca: Dewan Tak Tahu Angka Nikah Siri yang Dijadikan Alasan Legalkan Poligami

Abu Rani mengaku legalisasi poligami asalkan syarat-syarat sesuai dengan ketentuan dalam poligami dapat dipenuhi seperti berbuat adil, memiliki kemampuan secara ekonomi, dan paling penting adalah izin dari istri pertama.

Dikatakan Abu Rani, adanya wacana legalisasi poligami, sebenarnya untuk menghilangkan nikah siri yang bisa merugikan kaum perempuan, dan anak. Pasalnya akibat nikah siri banyak perempuan dan anak korban yang terlantar karena tidak ditanggung haknya.

"Kalau nikah siri saat diterlantarkan secara hukum tidak bisa menuntut karena tidak diakui negara. Dengan adanya legalisasi poligami, maka setiap pernikahan akan tercatat di negara dan jika diterlantarkan akan mudah menuntut hak mereka," jelasnya.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...