Unduh Aplikasi

Hama Lalat Serang Pemukiman di Tamiang, Warga Berharap Pemda Turun Tangan

Hama Lalat Serang Pemukiman di Tamiang, Warga Berharap Pemda Turun Tangan
November tahun lalu kampung Suka Rahmat juga diserang hama lalat. Foto: Asrul

ACEH TAMIANG - Seluruh kampung di Kemukiman Sapta Jaya, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang kembali diserang hama lalat. Binatang kecil yang suka tempat kotor itu mulai menyerang pemukiman sejak sebelum puasa lalu dan hingga pasca-lebaran volume lalat belum berkurang.

Keberadaan lalat dalam jumlah besar ini membuat warga tidak nyaman ketika berada di dalam rumah.

"Lebih parah yang sekarang ini dibanding sebelumnya. Kalau makanan sudahlah, pasti langsung dikerumuni. Ini anak-anak tidur siang pun tak bisa juga, dikerumuni juga," kata salah seorang warga Kampung Suka Rahmat, Riyan, Kamis (13/6).

Ia meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, untuk turun tangan membantu mengatasi hama lalat yang sangat meresahkan masyarakat.

Baca: Warga Tujuh Desa di Tamiang Keluhkan Serangan Lalat

Suka Rahmat merupakan satu dari tujuh kampung yang berada di Mukim Sapta Jaya. Mukim ini memang kerap terimbas hama lalat, karena di beberapa titik terdapat peternakan ayam potong.

Datok Penghulu (Kepala desa-red) di salah satu kampung menjelaskan saat ini warga sudah mengajukan protes melalui salah satu datok penghulu untuk diteruskan ke Camat. Dijawadlkan dalam waktu dekat ini, Camat dengan pengelola peternakan akan melakukan pertemuan.

Dalam pertemuan nanti, warga berharap ada keputusan yang bersifat permanen agar pengelolaan peternakan ayam potong tidak lagi mengganggu warga.

"Warga tidak masalah dengan peternakannya, kan masih keluarga-keluarga juga yang punya. Tapi maunya dibersihkanlah. Jangan untung saja yang dipikirkan, kenyamanan dan kesehatan tetangga juga harus dipikirkan," ujarnya.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...