Unduh Aplikasi

Hadapi Gugatan PBB, KIP Pijay Hanya Siapkan Bukti Kronologis

Hadapi Gugatan PBB, KIP Pijay Hanya Siapkan Bukti Kronologis
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya telah merampungkan bukti-bukti untuk menghadapi gugatan pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Selain gugatan pilpres, KIP Pidie Jaya juga sudah siap menghadapi gugatan yang dilayangkan Partai Bulan Bintang (PBB) terkait kecurangan yang terjadi di kabupaten tersebut.

"Alat bukti yang disurati KPU RI untuk menghadapi gugatan pilpres, seperti hasil perhitungan tingkat kecamatan dan rekapitulasi tingkat kabupaten telah kami siapkan. Besok saat rakor di Banda Aceh, alat bukti itu akan diserahkan ke KIP Aceh," kata Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar kepada AJNN via seluler, Sabtu (8/6).

Iskandar menambahkan, selain alat bukti yang diminta KPU RI tersebut, pihaknya juga sudah siap menghadapi gugatan terkait kecurangan pemilu 2019 yang dilayangkan oleh PBB ke MK.

"Kami juga sudah siap menghadapi gugatan PBB. Bukti yang disiapkan itu hanya kronologis kejadian, karena pemohon tidak menggugat hasil pemilu, tapi mereka (PBB) menggugat terkait kecurangan yang terjadi di Gampong Paru, Kecamatan Bandar Baru," jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Partai Bulan Bintang (PBB) menggugat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan ke MK itu dilayangkan karena KIP setempat tidak mengindahkan gugatan yang pernah dilayangkan oleh DPC PBB Pidie Jaya usai pemilihan. 

“PBB telah memasukan gugatan ke MK pada Kamis 23 Mei 2019. KIP tidak mengabulkan rekomendasi Bawaslu terkait kecurangan yang terjadi di Gampong Paru, Kecamatan Bandar Baru,” kata Ketua DPC PBB Pidie Jaya, Azwar Aswah kepada AJNN, Senin (27/5). 

Komentar

Loading...