Unduh Aplikasi

Guru Mogok, Pelajar SMKN 1 Singkil Terbengkalai

Guru Mogok, Pelajar SMKN 1 Singkil Terbengkalai
Pelajar SMKN 1 Aceh Singkil berada di luar ruang kelas saat jam belajar mengajar akibat aksi mogok belajar yang dilancarkan dewan guru sekolah tersebut,Selasa (13/11). Foto: AJNN.NET

SINGKIL - Sejumlah Dewan Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunung Meriah, Rimo, Aceh Singkil melancarkan aksi mogok mengajar, Selasa (13/11). Para Pahlawan tanpa tanda jasa tersebut menuntut Gubernur dan DPR Aceh mengganti Drs M Saifullah yang kini menjabat Kepala SMK 1 Gunung Meriah.

Dalam aksinya, 19 dari 40 guru orang guru di SMKN 1 Singkil yang melancarkan aksi mogok menyatakan tuntutan didasari sikap Saifullah yang dinilai otoriter dan mengedepankan kepentingan pribadi dan keluarga ketimbang kepentingan bersama.

Sejak 8 tahun memimpin sekolah tersebut, Saifullah dituding banyak memasukkan kerabatnya ke sekolah tersebut. Kondisi ini dinilai telah berdampak sulitnya menjalankan peraturan yang telah disepakati bersama oleh dewan guru disekolah tersebut.

Tak hanya itu, dalam surat permohonan pergantian kepala sekolah, dewan guru juga menyebut Saifullah juga menyetujui kutipan liar yang dilakukan salah seorang guru bidang kesiswaan.

"Dia menyatakan setuju apabila peserta didik yang tidak memakai simbol dan lompat pagar diminta uang.Sementara pengutipan itu tidak pernah dibicarakan,"kata salah seotang guru yang enggan namannya diwartakan.

Dalam surat permintaan pergantian kepala sekolah tersebut para dewan guru juga menandatangani mosi tak percaya terhadap Saifullah. Mereka mengancam akan melanjutkan aksi mogok jika dalam waktu dua pekan surat permintaan pergantian Saifullah tidak ditindaklanjuti Gubernur, DPR dan Bupati Aceh Singkil.

Surat permintaan berisi 15 poiny alasan permintaan pergantian tersebut, juga ditembuskan para guru SMKN 1 Gunung Meriah kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Aceh, Badan Kepegawaian Regional 13 Aceh dan Badan Kepegawaian Aceh serta Koordinator Pengawas SMK Singkil.

Pantuan AJNN, aksi mogok mengajar dilancar para guru dengan tidak masuk ke ruang belajar meski jam pelajaran telah dimulai. akibatnya sejumlah pelajar tampak berkeliaran di luar kelas saat jam pelajaran berlangsung.

Sejumlah personel kepolisian dan TNI tampak berjaga disekitar SMK 1 Gunung Meriah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sementara Koordinator pengawas SMK Singkil, Kaspani dan Ketua PGRI Singkil Najur yang tiba di lokasi langsung menggelar pertemuan dengan Kepala SMKN 1 Gunung Meriah, Saifullah.

Dalam pertemuan Saifullah membantah semua tudingan dewan guru yang dialamatkan kepada dirinya. Saifullah berjanji akan mementingkan kepentiang bersama dan tidak mementingkan kepentingan pribadi dan keluarga di sekolah tersebut.

Komentar

Loading...