Ucapan Idul Fitri PLN
Topik

Gunakan Jaring Trol Tolak, Empat Boat Nelayan Diamankan

·
Gunakan Jaring Trol Tolak, Empat Boat Nelayan Diamankan
ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - Warga nelayan di pesisir Pantai Bantayan, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara mengamankan empat buah boat trol tolak (langge) bersama lima awak di perairan setempat karena dianggap merusak jaring nelayan setempat dan juga merusak habitat biota laut, Senin, (19/6) dinihari.

Dari informasi yang diterima AJNN, keempat boat tersebut diamankan nelayan setempat sekitar pukul 00.12 WIB, setelah kepergok menebar jaring trol tolak dimalam hari.

"Mereka kita arahkan ke tepi pantai lalu kita tahan boatnya. Tindakan ini kita ambil karena sudah berulang kali diperingatkan agar jangan memasang trol tolak di kawasan perairan Seunuddon di malam hari, tapi tidak digubris," ujar Panglima Laot Seunuddon, Amir Yusuf saat dihubungi AJNN.

Amir menambahkan, sekitar dua hari lalu, jaring nelayan pesisir disini banyak rusak akibat terkena pukat trol. Biasanya dilakukan oleh nelayan dari luar Seunuddon.

"Nelayan yang kesal kemudian melakukan pengintaian. Dan tadi malam berhasil ditangkap empat boat milik nelayan luar Seunuddon," tambahnya.

Identitas nelayan dan pemilik boat yang diamankan yaitu Nurdin (42) dan Syarman (35) keduanya nelayan asal Gampong Blang Nibong, Kecamatan Samudera. Dan tiga lainnya Musafir (26) dan M.Husen (30) asal Jambo Timu, Blang Mangat dan Musafir (26) asal Lancang Garam, Banda Sakti, ketiganya warga Lhokseumawe.

Hingga berita ini dirilis, pihak kepolisian masih menjaga empat boat yang ditahan sekaligus sedang berupaya memediasi masalah tersebut di Mapolsek setempat.

"Mereka semalam diamankan di Mapolsek. Ini juga sudah datang pihak keluarga. Sedang dibicarakan jalan keluar. Kalau nelayan kita kayaknya agak enggan berdamai, karena sudah berulang kali diingatkan dan rugi karwna jaringnya rusak," kata Amir.

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji melalui Kapolsek Seunuddon Ipda Riwal belum bisa dimintai keterangan.

Ucapan Idul Fitri Pemkab Pidie Jaya
Ucapan Selamat BPMA
HUT Pidie Jaya 10 Tahun

Komentar

Loading...