Unduh Aplikasi

Gugatan PBB Ditolak, KIP Pidie Jaya Segera Tetapkan Caleg Terpilih

Gugatan PBB Ditolak, KIP Pidie Jaya Segera Tetapkan Caleg Terpilih
Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar. Foto: Ist

PIDIE JAYA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya segera menetapkan caleg anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) April 2019 lalu.

Penetapan caleg terpilih di Pidie Jaya itu segera ditetapkan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Gampong Paru Keude, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya yang diajukan oleh Partai Bulan Bintang (PBB) Pidie Jaya.

Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar yang dihubungi AJNN, Jumat (9/8) mengatakan, pihaknya telah melihat salinan putusan MK terkait penolakan gugatan PBB Pidie Jaya. Namun pihaknya masih menunggu surat dinas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dapat menetapkan caleg terpilih.

Dikatakannya, kemungkinan besar penetapan anggota DPRK terpilih periode 2019-2024 akan dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2019.

"Paling lama lima hari setelah salinan putusan itu kita terima kita sudah menetapkan caleg terpilih. Insyaallah, rencananya kita akan lalsanakan penetapan pada lebaran ke tiga, kalau lebaran pertama dan kedua sepertinya tidak memungkinkan," kata Iskandar.

Seperti diketahui, DPC PBB Pidie Jaya melayangkan gugatan ke MK, PBB memohon PSU di Gampong Paru Keude. PBB Pidie Jaya menilai telah terjadi kecurangan yang sistematis, tersruktur dan masif di gampong tersebut. Namun dalam putusan MK yang dibacakan pada Kamis, 8 Agustus 2019 kemarin, MK menolak semua permohonan pemohon untuk seluruhnya di daerah pemilihan (dapil) III Pidie Jaya itu

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...