Unduh Aplikasi

Gugatan Mantan Kepala BPKS Sayid Fadhil Terhadap Plt Gubernur Aceh Ditolak

Gugatan Mantan Kepala BPKS Sayid Fadhil Terhadap Plt Gubernur Aceh Ditolak
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Kepala BPKS Sayid Fadhil. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Gugatan Mantan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BPKS) Sabang, Sayid Fadhil terhadap Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ditolak Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh. 

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani saat dikonfirmasi AJNN mengenai hal tersebut belum berani memberikan informasi apapun. Dia hanya mengatakan sedang melakukan koordinasi dengan Biro Hukum Setda Aceh dan pengacara terkait. 

Kemudian, kata pria yang akrab disapa SAG itu, saat ini tim hukum Pemerintah Aceh sedang mempersiapkan keterangan tentang informasi putusan PTUN Banda Aceh tersebut. 

"Saya koordinasi dulu dengan Karo Hukum dan Pengacara. Sedang dipersiapkan rilisnya oleh Tim Hukum, tunggu ya," ujar SAG kepada AJNN, Rabu (14/8). 

Sementara itu, Mantan Kepala BPKS Sabang, Sayid Fadhil membenarkan bahwa gugatan yang dirinya layangkan terhadap Plt Gubernur Aceh itu ditolak PTUN Banda Aceh. 

"Iya saya dengar dari hasil putusan, dari pengacara saya pak Bahadur ditolak," tutur Sayid saat dikonfirmasi AJNN. 

Baca: Sayid Fadhil Gugat Plt Gubernur Aceh

Sebelumnya, Sayid Fadhil telah menggugat Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang (DKS) ke Pengadilan PTUN Banda Aceh pada awal Maret 2019 lalu. 

Kuasa Hukum Sayid Fadhil, Bahadur Satri menyambung, dalam gugatan itu pihaknya meminta PTUN membatalkan Surat Keputusan (SK) Plt Gubernur Aceh tentang pemberhentian Sayid Fadhil dari Kepala BPKS Sabang.

Menurut Bahadur, SK tersebut bertentangan dengan beberapa regulasi yang diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan juga berbenturan dengan surat Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

"Kami minta membatalkan SK pemberhentian saudara Sayid Fadhil itu," sebut Bahadur kepada AJNN kala itu. 

Untuk diketahui, gugatan tersebut dilayangkan buntut dari SK yang dikeluarkan DKS dengan nomor 515/39/2019, tertanggal 16 Januari 2019. Surat itu ditandatangani langsung Plt Gubernur Aceh selaku Ketua DKS tentang pemberhentian Sayid Fadhil dan pengangkatan Razuardi sebagai Kepala BPKS yang baru.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...