Unduh Aplikasi

Gubernur Gelar Rapat Sinkronisasi dengan Bupati dan Wali Kota Se-Aceh

Gubernur Gelar Rapat Sinkronisasi dengan Bupati dan Wali Kota Se-Aceh
Rapat Gubernur Aceh dengan bupati dan wali kota Se-Aceh. Foto: Ist

BANDA ACEH - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menggelar rapat dengan para bupati atau wali kota Se-Aceh. Rapat ini bertujuan melakukan sinkronisasi antara kabupaten/kota dengan provinsi. Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten atau kota, TAPA dan Kepala SKPA. Rapat berlangsung di Ruang Rapim P2k Setda Aceh, Kamis (15/3).

"Kegiatan ini merupakan sinkronisasi antara kabupaten/kota dengan provinsi, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, dan hal ini perlu dilihat langsung oleh bupati atau wali kota, sehingga persiapan yang ada di kabupaten/kota bisa sinkron dengan apa yang telah dipersiapkan di provinsi, terutama untuk pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan proyek dana alokasi khusus (DOKA)," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani kepada AJNN, Kamis (15/3).

Ia menjelaskan bupati/wali kota harus mempersiapkan tim pelaksana kegiatan, seperti pembentukan panitia untuk proses tender, kemudian persiapan dokumen untuk menuju kepada proses tender yang lebih cepat waktunya, sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanan begitu APBA turun.

Selain itu, Saifullah Abdul Gani yang akrab dipanggil dengan SAG juga menyampaikan bahwa dari 23 bupati atau wali kota di Aceh yang direncanakan hadir dalam rapat ini, ada beberapa yang berhalangan hadir.

Dokumen hasil pembahasan kebijakan dan teknis pelaksanaan Dana Otonomi Khusus Aceh Alokasi Kabupaten/Kota Tahun 2018. Dok AJNN

"Dari Aceh Besar dihadiri oleh sekretaris daerah, kemudian dari Aceh Utara dihadiri oleh wakil bupati karena bupati sedang dalam persiapan menjalani ibadah umrah, selanjutnya Lhokseumawe juga dihadiri oleh wakil wali kota dengan alasan wali kota dalam keadaan kurang sehat," ungkapnya.

Berdasarkan dokumen yang diterima AJNN, hasil pembahasan kebijakan dan teknis pelaksanaan Dana Otonomi Khusus Aceh Alokasi Kabupaten/Kota Tahun 2018, yaitu penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan pelaksana Pengadaan Barang/Jasa oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) di masing-masing kabupaten/Kota dengan teknis pelaksanaan sebagai berikut:

Dokumen hasil pembahasan kebijakan dan teknis pelaksanaan Dana Otonomi Khusus Aceh Alokasi Kabupaten/Kota Tahun 2018. Dok AJNN

1. Bupati/Walikota bertanggungjawab penuh terhadap keberhasilan pelaksanaan kegiatan Dana Otsus kabupaten/kota.

2. Membentuk Tim Percepatan dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Otsu Kabupaten/Kota yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota.

3. Mengusulkan kepada Gubernur cq. Kepala SKPA terkait KPA (Kepala SKPK terkait), dan Bendahara Pengeluaran Pembantu.

4. Kepala SKPK terkait menetapkan PPTK (Kabid pada SKPK terkait) dan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Pembantu.

5. Menyediakan biaya operasional untuk Tim Percepatan dan Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Otsus Kabupaten/Kota, Pengelola Anggaran dan ULP Kabupaten/Kota.

6. Mengikuti jadwal pelaksanaan yang ditetapkan oleh Pemerintah Aceh.

7. Pengumuman RUP dan Pelelangan di media massa oleh Pemerintah Aceh.

8. Membentuk tim PHO bersama (SKPA dan SKPK).

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...