Unduh Aplikasi

Gerak Cepat Plt Gubernur Aceh Terkait Masalah Ganti Rugi Lahan Warga Suak Puntong

Gerak Cepat Plt Gubernur Aceh Terkait Masalah Ganti Rugi Lahan Warga Suak Puntong
Rapat penyelesaian ganti rugi milik warga Dusun Geulanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya,

ACEH BARAT - Warga Dusun Geulanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya tiga perusahaan yakni PLTU 1&2, PLTU 3&4, PT Mifa Bersaudara dan PT Bara Energi Lestari (Group) sudah bersepakat untuk melakukan ganti rugi lahan milik warga.

Pertemuan itu merupakan tindaklanjut atas pertemuan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dengan perwakilan warga Dusun Geulanggang Merak, yang diwakili oleh Koordinator GeRAK Aceh Barat. Dalam pertemuan yang berlangsung, Senin (15/7) malam, Nova Iriansyah berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan ganti rugi lahan milik warga.

Dalam pertemuan itu, Nova Iriansyah sempat menghubungi Bupati Nagan Raya, Jamin Idham untuk mempertanyakan permasalahan itu. Namun nomor telepon milik orang nomor satu di Nagan Raya itu tidak aktif. Ternyata setelah itu, Nova Iriansyah kembali menghubugi Jamin Idham yang merupakan Ketua Partai Demokrat Nagan Raya itu.

Mendapatkan perintah dari Plt Gubernur Aceh, yang juga Ketua Partai Demokrat Aceh, Jamin Idham langsung menggelar rapat pertemuan antara Tim 19 yang dibentuk oleh Pemkab Nagan Raya dengan PLTU 1&2, PLTU 3&4, PT Mifa Bersaudara dan PT BEL. Pertemuan itu berlangsung di Kantor Bappeda Nagan Raya, Rabu (17/7).

Dari berita acara kesepakatan rapat penyelesaian ganti rugi milik warga Dusun Geulanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, yang diterima AJNN, PLTU 1 dan 2 menyatakan pada prinsipnya bersedia untuk melaksanakan ganti rugi terhadap rumah warga yang berlokasi di Dusun Geulanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.

Hasil kesepakatan tersebut akan disampaikan ke kantor induk di Medan dan kantor pusat di Jakarta dengan data pendukung Tim 19.

Baca: Warga Suak Puntong Sampaikan Permasalah Ganti Rugi Lahan ke Plt Gubernur

Kemudian PLTU 3 dan 4, walaupun tidak berkomentar apapun dalam pertemuan itu dan menunggu arahan lebih lanjut dari pimpinan PLTU 3 dan 4, tapi perwakilan mereka tetap membubuhi tanda tangan di berita acara tersebut.

Sementara, PT Mifa Bersaudara dan PT Bara Energi Lestari (Group) pada prinsipnya bersedia untuk melaksanakan ganti rugi terhadap rumah warga yang berlokasi di Dusun Geulanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya. Hasil pertemuan itu juga akan disampaikan ke kantor pusat di Jakarta dengan data pendukung Tim 19 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Berita acara kesepakatan rapat penyelesaian ganti rugi milik warga Dusun Geulanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya. Foto: Dok AJNN

Terakhir, Tim 19 akan melaporkan pertemuan tersebut kepada Bupati Nagan Raya dan Gubernur Aceh hasil rapat penyelesaian pembebasan rumah warga Dusun Geulanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya (data jumlah rumah yang akan diganti beserta nilai ganti rugi oleh lembaga yang berwenang).

Adapun perwakilan tiga perusahaan yang membubuhi tandatangan di berita acara tersebut yakni PLTU 1 dan 2, Ruslan Eefendi/Bustami, PLTU 3 dan 4, Jiang Xiao Lei, PT Mifa Bersaudara dan PT Bara Energi Lestari, Hadityo/Rahmad Zahri, dan Tim 19, Abdul Latif/Teuku Hidayat.

Sementara itu, Koordinator GeRAK Aceh Barat, Edy Syahputra menyambut baik hasil pertemuan itu. Ia juga mengapresiasi kerja cepat Plt Gubernur Aceh dalam merespon keluhan warga terkait ganti rugi lahan tersebut.

Namun, Edy mengaku bersama warga akan tetap mengawal proses ini sampai dengan selesai. Setidaknya perjuangan warga selama ini sudah mendapatkan titik terang.

"Kami apresiasi pertemuan ini, tapi kami tetap akan mengawal pertemuan ini sampai lahan dan rumah milik warga dibayar sesuai dengan keinginan warga," kata Edy singkat kepada AJNN.

 

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...