Hasanudin
Unduh Aplikasi

Gelapkan Dana Zakat, Mantan Bendahara Baitul Mal Agara Jadi Tersangka

Gelapkan Dana Zakat, Mantan Bendahara Baitul Mal Agara Jadi Tersangka
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH TENGGARA - Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Tenggara resmi menetapkan mantan Bendahara Baitul Mal, M.Yusuf (51), sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyelewengan dana Baitul Mal.

Kajari Agara Fitrah SH melalui Kasi pidsus Fahmi SH membenarkan kalau pihaknya sudah menetapkan tersangka dalam kasus dugaan pengelapan dana Baitul Mal. Tersangka merupakan warga Desa Perapat Batu Nunggul, Kecamatan Lawe Alas.

"Tersangka dan barang bukti sudah kami serahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Agara," kata Fahmi SH kepada AJNN, Jumat (9/3) di kantor kejari setempat.

Untuk sementara, kata Fahmi, tersangka sudah dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kutacane. Pada Rabu (14/3), kasus tersebut akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh.

"Sekarang masih kami titip di Lapas Kutacane," ujar Fahmi.

Akibat perbuatannya, Fahmi mengungkapkan tersangak telah melanggar undang-undang tindak pidana korupsi pasal 2 ayat 1, pasal 3 dan pasal 8 dengan ancaman hukum minimal 4 tahun kurungan penjara.

Sementara itu Kasi Intel Kejari Agara, Chandra Kirana menyebutkan hasil audit BPKP Aceh, kerugian negara dalam kasus tersebut mencapai Rp 219 juta.

"Kami sudah terima hasil audit BPKP," ujarnya.

Untuk diketahui, dugaan penyelewengan dana Baitul Mal itu dilakukan tersangka dengan mengambil langsung dana zakat PNS dari sejumlah bendahara SKPK di Agara menggunakan kwitansi. Seharusnya dana tersebut harus ditransfer langsung ke rekening resmi Baitul Mal.

Anehnya, dana yang sudah dikutip itu tidak ditransfer tersangka ke rekening Baitul Mal, malah digunakan untuk kepentingan pribadinya.

Adi Maros
Gratis Bea Balik Nama Non BL - SAMSAT Aceh
Gayo Alas Mountain Int Fest 2018

Komentar

Loading...