Gas Elpiji Langka, FPRM Desak Dinas Razia Pangkalan

Gas Elpiji Langka, FPRM Desak Dinas Razia Pangkalan
ilustrasi. Foto: Net

ACEH TIMUR - Terkait kelangkaan dan mahalnya gas elpiji 3 Kg di Aceh Timur, Ketua Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Aceh Nasruddin, meminta Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Aceh Timur beserta aparat Kepolisian merazia sejumlah pangkalan.

Hal itu menurut Nasruddin perlu dilakukan instansi terkait agar tidak terjadi penimbunan atau penyalahgunaan gas.

"Karena selama ini gas 3 kg sering digunakan untuk pengusaha, padahal gas tersebut merupakan kebutuhan masyarakat miskin, bahkan pemerintah sampai hari ini masih memberikan subsidi, oleh karenanya pengawasan dari aparat penegak hukum sangat dibutuhkan, jangan sampai hak-hak rakyat miskin dikebiri oleh orang kaya," ujar Nasruddin kepada AJNN, Jumat (27/10).

Kelangkaan gas tersebut diakui sejumlah ibu rumah tangga di Aceh Timur, mereka kerap kewalahan mendapatkan gas di sejumlah pangkalan.

"Kami sangat kewalahan untuk mendapatkan gas harus mondar-mandir ke sejumlah tempat, bahkan ada pangkalan yang menyimpannya untuk agen-agen tertentu sehingga mengalami kenaikan harga," ujar salah seorang Ibu Rumah Tangga di Idi Rayeuk.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan T Reza Rizki melalui Kabid Perdagangan Nazarina mengatakan, pihaknya dari sudah memantau langsung ke lapangan, dari beberapa pangkalan yang dipantau jumlah pasokan tetap, dan dari agen ke pangkalan juga distribusinya .lancar.

Nazarina menyebutkan, agen penyaluran resmi dari Pertamina di Aceh Timur ada empat, yakni PT. Harapan Minyak Tanah, PT Cuga, PT Putra Mandiri dan PT Perjuangan Pante Bidari.

"Kita sudah turun di Peudawa, di Idi dan Madat. Untuk Bulan Oktober PT. Harapan Minyak Tanah menyalurkan 64.960 tabung gas elpiji 3 Kg. Untuk PT Cuga bulan Oktober menyalurkan 40.356 tabung. Untuk mengatasi ini kami juga akan menyurati pertamina untuk melakukan operasi pasar, dan akan bekerja sama dengan pertamina untuk mencabut izin pangkalan yang nakal," ungkap Nazarina.

Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...