Unduh Aplikasi

Gampong Mane di Pidie Kelola Dana Desa Rp 2 Miliar Lebih

Gampong Mane di Pidie Kelola Dana Desa Rp 2 Miliar Lebih
Bupati Pidie Roni Ahmad menyerahkan secara simbolis pagu indikatif dana desa kepada keuchik, di Gedung Olah Raga (GOR) Sigli. Foto: AJNN.Net/Salman

PIDIE - Pagu Indikatif dana desa yang diterima Kabupaten Pidie tahun 2019 meningkat mencapai Rp 612 miliar lebih dibandingkan tahun sebelumnya, dengan rata-rata per-gampong mendapat alokasi sekitar Rp 839 juta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie, Jufrizal kepada AJNN, Selasa (12/1) menyebutkan, dibandingkan sebelumnya, tahun ini pagu indikatif mengalami peningkatan sebesar Rp 27 miliar lebih, diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin

Dari jumlah 730 gampong tersebar di 23 kecamatan yang tertinggi menerima anggaran adalah Gampong Mane, Kecamatan Mane, sebesar Rp 2 miliar lebih.

Sementara gampong terendah menerima anggaran yaitu Gampong Bayu Teubeng, Kecamatan Pidie sebesar Rp 796 juta lebih.

"Kami upayakan pengolahan dana gampong pada tahun ini tidak terjadi permasalahaan," kata Jufrizal, usai penyerahan pagu indikatif dana desa kepada keuchik simbolis oleh Bupati Pidie di Gedung Olah Raga (GOR) Sigli.

Penggunaan gampong pada tahun ini lebih difokuskan pada sektor lingkungan, rumah sehat bagi fakir miskin. Pada tahun 2018, sebanyak 1.625 unit rumah sehat sudah terbangun dengan anggaran ini, jadi tahun ini harus mengalami peningkatan.

"Maret ini, anggarannya akan cair, jadi kami mengimbau kepada keuchik dalam pemanfaatan anggaran harus berdasarkan hasil musyawarah bersama. Dan kami tegaskan jangan ada yang coba-coba menyelewengkan dana yang yang dikucurkan pemerintah," tegasnya.

Jufrizal menuturkan, pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan anggaran gampong tahun 2018, telah mampu terbangun rumah sehat untuk fakir miskin sebanyak 1.625 unit, alat bantu disabilitas empat unit, jalan gampong 98,94 Km, Mandi Cuci Kakus (MCK) 358 unit.

Kemudian drainase 74,816 meter, saluran irigasi 1.398 meter, bak penampung air 43 unit, lampu jalan gampong 496 unit, sanitasi lingkungan 862 unit, Posyandu 46 unit, Polindes 21 unit, selanjutnya jembatan Gampong 229 unit, balai tani 45 unit, kios gampong (BUMG) 249 unit, tambatan perahu 3 unit, sarana dan prasarana olahraga sebanyak 526 unit.

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...