Unduh Aplikasi

Gajah Liar Rusak Puluhan Hektare Kebun Warga di Aceh Utara

Gajah Liar Rusak Puluhan Hektare Kebun Warga di Aceh Utara
Kondisi gubuk di kebun warga yang dirusak gajah liar. Foto: Ist

ACEH UTARA - Satu rumah dan puluhan hektare tanaman warga di Dusun Kreung Bare, Kilomoter 8 SP3, Kecamatan Simpang Kramat, Aceh Utara, Kamis (10/1), sekira pukul 16.20 WIB, dirusak kawanan gajah liar. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kejadian itu sempat membuat warga disekitar lokasi panik dan berlarian.

Gajah yang diperkirakan berjumlah tiga ekor itu juga masuk ke perkampungan dan merusak gubuk serta tanaman sawit dan palawija milik warga di desa setempat.

Camat Simpang Kramat, Iskandar menyebutkan dari laporan dari Kepala Dusun Krueng Bare, kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah 25 ekor itu sudah berada di hutan dekat pemukiman warga sejak, Selasa (8/1) pagi.

"Tapi dari jumlah tersebut hanya tiga ekor gajah saja yang sempat masuk ke kebun dan pemukiman warga," kata Iskandar kepada AJNN, Jumat (11/1).

Ia menambahkan kawanan gajah itu selain telah merusak sebuah rumah berpondasi kayu milik Ismail, hewan berbadan besar itu juga ikut merusak tanaman pertanian sebanyak puluhan hektare milik Zulfikar, Hamdani, Deni, Ismail dan Mak Lan, yang merupakan masyarakat setempat.

"Menurut informasi terakhir dari masyarakat setempat, kawanan gajah itu masih berkeliaran di dalam hutan yang terpaut tidak jauh dari pemukiman warga," kata Iskandar.

Meskipun kawanan gajah itu sudah kembali ke dalam hutan yang jaraknya tidak jauh dari pemukiman, sebut Iskandar, masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi hingga sampai saat ini masih merasa was-was dan tidak aman. Pasalnya warga masih takut sewaktu-waktu kawanan gajah itu kembali dan masuk ke pemukiman mereka lagi.

"Menanggapi atas rasa ketidaknyamanan warga kami akan melakukan kordinasi dengan pihak BKSDA untuk melakukan tindakan atau pengusiran satwa gajah itu lebih jauh dari pemukiman warga," jelasnya.

Pemberitahuan Mulai Tender/Seleksi Sekda Aceh

Komentar

Loading...