Foto Jurnalistik Harus Mengandung 5W+1H

Foto Jurnalistik Harus Mengandung 5W+1H
Sejumlah wartawan mengikuti pelatihan fotografi di PWI Aceh

BANDA ACEH - Puluhan wartawan dari berbagai media di Banda Aceh dibekali cara mengambil foto jurnalistik yang baik dan mengandung informasi secara jelas.

Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Mosa El Ramadhan mengatakan kelebihan fotografer jurnalis itu bisa mengartikan secara lengkap apa yang tersirat dalam foto. Sehingga tidak menimbulkan pertanyaan saat orang melihatnya.

Kata Ramadhan, berbeda dengan menulis, di sana harus memuat secara lengkap dan sedikit panjang agar bisa terciptanya informasi yang baik dan mudah dipahami pembaca.

"Kelebihan fotografer itu bisa mengartikan apa yang difoto tersebut. Berbeda sentuhannya dengan menulis," kata Mosa El Ramadhan saat membuka pelatihan fotografi bagi wartawan, di gedung PWI Aceh, Selasa (14/11).

Menurut Ramadhan, fotografi adalah dunia mengasikkan, jurnalis foto sangat jauh berbeda dengan fotografer lain seperti halnya pemotretan wedding, traveling dan berbagai jenis lainnya. Sebuah foto jurnalistik tetap harus mengandung unsur 5W +1H (Apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana), sedangkan foto yang lain tidak mesti menjelaskan keterangannya.

"Foto jurnalis itu juga harus membuat keterangan yang memuat 5W+1H," ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana, Azhari berharap kepada wartawan agar tekun mengikuti pelatihan ini, karena ilmu fotografi sangat penting dimiliki setiap jurnalis. Apalagi seorang wartawan selalu dihadapkan dengan peristiwa yang mesti disampaikan kepada masyarakat, bukan hanya melalui tulisan tetapi juga menguatkannya dengan foto.

"Maka dari itu, saya berharap semua serius mengikuti pelatihan ini," harap Azhari.

Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...