Unduh Aplikasi

Festival Sate Matang di Bireuen Habiskan Anggaran Rp 500 Juta

Festival Sate Matang di Bireuen Habiskan Anggaran Rp 500 Juta
Lokasi Festival Sate Matang. Foto: AJNN.Net/Sarina

BIREUEN – Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Irmayani Ibrahim menyebutkan festival Sate Matang yang dilaksanakan di Lapangan Galaction, Cot Gapu, Kabupaten Bireuen menghabiskan anggaran Rp 500 juta.

“Jadi anggaran kita untuk festival di Bireuen ini sebanyak Rp 500 juta,” katanya kepada awak media di lokasi festival, Sabtu (30/3).

Sambungnya lagi, festival kuliner Aceh, sudah masuk ke dalam kalender nasional Indonesia. Karena kuliner merupakan salah satu khas yang di cari wisatawan yang melancong ke Indonesia. Jadi dari 100 even, Aceh termasuk salah satu di antaranya.

Baca: Panitia Salah Prediksi, Pengujung Festival Sate Matang Gigit Jari

“Kuliner ini merupakan memperkenalkan khas daerah, jadi kalau wisatawan yang datang ke Bireuen yang di cari itu adalah Sate Matang. Sate Matang ini baru dikenal tingkat Aceh, mungkin untuk ke depan kita akan tingkatkan agar dikenal di tingkat nasional bahkan internasional,” jelasnya.

Irmayani berharap, dengan festival Sate Matang tersebut mampu mendongkrak potensi ekonomi rakyat melalui kuliner. Disamping itu juga, melestarikan kekayaan khasanah budaya Aceh asal Kabupaten Bireuen.

Untuk diketahui, Festival Sate Matang baru pertama kali digelar tahun ini, pada tahun 2018 penah digelar kegiatan serupa bernama Aceh Kulinary.

ADV

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...