Erdogan Ceramahi Arab Saudi Soal Konflik Diplomatik dengan Qatar

Erdogan Ceramahi Arab Saudi Soal Konflik Diplomatik dengan Qatar
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

ISTANBUL – Arab Saudi sebagai kekuatan besar di Timur Tengah seharusnya menyatukan negara-negara Arab bukan justru menambah masalah di kawasan. Hal itu disampaikan Presiden Mesir Recep Tayyip Erdogan yang mendesak Riyadh untuk segera meredakan ketegangan dan mencabut sanksi terhadap Qatar menyusul konflik diplomatik yang terjadi.

"Adalah langkah yang salah untuk menambahkan lebih banyak masalah di saat dunia Muslim sudah mengalami banyak masalah. Saya mengatakan pada Anda: Tidak akan ada pemenang dalam perkelahian saudara," kata Erdogan sebagaimana dilansir Russia Today, Minggu (11/6/2017).

Lebih lanjut, Erdogan menyinggung status Arab Saudi sebagai pelindung dua kota suci yang seharusnya menyatukan negara-negara Muslim, bukan sebaliknya.

"Anda harus bekerja untuk menyatukan saudara. Inilah yang kami harapkan dari Arab Saudi, Penjaga Masjid Suci," tambahnya.

Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan hubungan lalu lintas dengan Doha pada Senin, 5 Juni setelah menuduh Doha mensponsori terorisme. Negara-negara Arab itu menuntut Qatar untuk mengubah politik dan kebijakan luar negerinya yang memiliki hubungan dengan pihak-pihak yang dikategorikan sebagai organisasi teroris, termasuk Hamas di Palestina dan Ikhwanul Muslimin.

Namun, tuntutan itu ditolak mentah-mentah oleh Qatar yang menyatakan siap untuk selamanya terisolasi selama politik, kedaulatan dan kebijakan luar negerinya tidak dicampuri.

Berbicara dalam acara buka puasa di Istanbul, Erdogan berjanji akan terus memberikan dukungan kepada Qatar dalam menghadapi situasi tersebut. Erdogan juga telah menyetujui pengiriman pasukan dan peralatan militer Turki ke Qatar.

"Sekarang, jika ada yang terganggu karena kami bersama dengan saudara kami di Qatar, mengirim dan mengekspor persediaan makanan, obat-obatan, Anda harus memaklumi. Kami akan terus memberikan semua dukungan kami kepada Qatar, " tegas Erdogan.

data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...