Unduh Aplikasi

Enam Pelaku Ilegal Loging di Abdya Diamankan Polisi

Enam Pelaku Ilegal Loging di Abdya Diamankan Polisi
Personel Polres Abdya memasang police line di kayu hasil pembalakan liar.

ACEH BARAT DAYA - Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Barat Daya (Abdya), mengamankan enam orang pelaku pembalakan liar di Desa Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, yang masuk dalam kawasan hutan lindung, KM 21 jalan lintas kabupaten menuju Terangon, Gayo Lues pada Kamis (5/9) lalu.

Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Zulftriadi mengatakan, enam pelaku itu berinisial SOF, MI, MAS dan ABD masing-masing warga Kota Bahagia, Kabupaten Aceh Selatan. Sedangkan dua pelaku lainnya MK dan SY merupakan warga Kecamatan Babahrot, Abdya.

"Mereka kami amankan saat sedang beristirahat di sebuah gubuk dalam hutan kawasan Km 21 Desa Ie Mirah sekira pukul 01.05 WIB, " kata Zulfitriadi kepada wartawan, Selasa (10/9).

Selain mengamankan enam pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa mesin pemotong kayu jenis chainsaw sebanyak enam unit, kayu hasil pembalakan, alat ukur hingga katrol untuk menarik kayu hasil pembalakan liar tersebut

Lebih lanjut, terang Zulfitriadi, saat diinterogasi para pelaku mengatakan bahwa mereka hanya bertugas sebagai penebang pohon, sedangkan ada pemilik modal yang membiayai kegiatan tersebut.

Laporan terkait penangkapan para pelaku ilegal loging ini, berawal dari laporan masyarakat yang merasa resah dengan kegiatan pembalakan liar tersebut. Informasi awal yang ia dapatkan, saat itu para pelaku sedang berada di lokasi melakukan aktivitas penebangan.

"Kami langsung bergerak cepat menuju lokasi untuk melakukan penangkapan," ungkapnya.

Ditambahkannya, medan menuju lokasi sangat sulit dan curam. Polisi bersama LSM Lingkungan dan personel Polisi Hutan Aceh Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) wilayah Blangpidie, harus menempuh perjalanan kaki sepanjang 2 Km menyusuri hutan.

Hal itu tidak mematahkan semangat tim gabungan ini untuk sampai ke lokasi, sehingga pihaknya berhasil mengamankan para pelaku berikut barang bukti ilegal loging.

"Pelaku tertangkap saat sedang terlelap di gubuk yang sengaja dibangun sebagai tempat berteduh. Pemilik modal juga sedang kami lakukan pengejaran," ujarnya.

Menurut Kasat Reskrim, saat ini pelaku telah diamankan di Mapolres berikut sejumlah barang bukti. Namun, belum semua barang bukti kayu hasil ilegal loging berhasil dibawa ke Mapolres, sebab sulitnya medan tempat posisi kayu ilegal tersebut berada.

Komentar

Loading...