Empat Pulau Diklaim Milik Sumut, Gubernur Aceh Berang

Empat Pulau Diklaim Milik Sumut, Gubernur Aceh Berang
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Foto: Humas Aceh

BANDA ACEH - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berang ketika mengetahui empat pulau diklaim masuk dalam peta Alokasi Ruang RZWP-3-k Sumatera Utara. Tgk Agam--sapaan Irwandi Yusuf--menegaskan bahwa keempat pulau tersebut merupakan milik Aceh.

Sebelumnya diberitakan empat pulau itu diklaim masuk ke dalam Peta Alokasi Ruang RZWP-3-K Sumatera Utara. Adapun empat pulau itu yakni Pulau Mangkir Besar, Pulau Mangkir Kecil, Pulau Lipan dan Pulau Panjang. Padahal selama ini keempatnya merupakan bagian wilayah Kabupaten Aceh Singkil.

"Klaim itu merupakan sesuatu yang ilegal, pulau-pulau itu milik Aceh," kata Irwandi Yusuf ketika dimintai keterangan usai meluncurkan Turnamen Aceh Word Solidarity Cup 2017, di Hotel Hermes Aceh, Minggu (12/11).

Baca: Aceh Terancam Kehilangan Empat Pulau

Selain itu, Irwandi mengatakan Pemerintah Aceh sebelumnya sudah melakukan kesepekatan dengan Sumatera Utara bahwa keempat pulau itu masuk wilayah Aceh. Ia juga mengaku memiliki seluruh dokumen-dokumen terkait kepemilikan pulau tersebut.

"Kami ada miliki dokumen rapat kesepakatan yang dilaksanakan di Medan terkait empat pulau itu," tegas Irwandi.

Ia menjelaskan Sumatera Utara tidak mengklaim empat pulau tersebut, namun masyarakat Sumut yang datang ke pulau-pulau tersebut dan membuat KTP Sumut.

"Seluruh penduduk di pulau itu akan kami beri KTP Aceh saja. Tidak perlu ada pertemuan lagi dengan Sumut, jelas-jelas itu pulau milik Aceh," ujarnya.

Sail Sabang 2017 Humas Provinsi Aceh
MTQ XXXIII 2017
data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...