Unduh Aplikasi

Empat Penagih Hutang Mandala Finance di Aceh Barat Jadi DPO Polisi

Empat Penagih Hutang Mandala Finance di Aceh Barat Jadi DPO Polisi
DPO Polisi. Foto: Ist

ACEH BARAT - Empat debt collector atau penagih hutang dari lembaga pembiayaan Mandala Finance melarikan diri setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat.

Keempatnya ditetapkan sebagai tersangka setelah dilaporkan oleh Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) atas dugaan perampasan sepeda motor, pada 23 Oktober 2018 dengan nomor laporan polisi LP/111/X/2018/SPKT Res Aceh Barat.

DPO Polisi. Foto: Ist

Kini, empat pekerja Mandala Finance yang sudah dimasukkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) yakni Teuku Laksamana Jowa, Sofyan, Irvan Juanda, dan Rizwani.

Baca: Penagih Hutang Mandala Finance Dipolisikan

Ketua YARA Aceh Barat, Hamdani mengatakan pihaknya sudah pernah mendesak kepolisian untuk menahan keempat tersangka itu. Ia menilai menilai pelaku tidak memiliki itikad baik, karena lari dari tanggung jawab.

"Kami berharap keempatnya segera ditangkap, agar akses keadilan terhadap korban bisa berjalan sebagaimana mestinya,” kata Hamdani kepada AJNN, Jumat (4/1)

DPO Polisi. Foto: Ist

Ia menduga para tersangka ini masih berada di Aceh, bahkan informasi yang diperoleh keempat tersangka ini masih aktif sebagai karyawan perusahaan karena masih menerima gaji.

“Kami menduga DPO masih aktif, dan bisa saja para DPO itu bersembunyi di cabang Mandala Finance lainnya yang ada di Aceh. Kami mendesak polisi untuk mengecek kebenaran kalau para tersangka masih menerima gaji, sehingga lebih mudah melacak keberadaan pelaku," ujarnya.

DPO Polisi. Foto: Ist

Kepada perusahaan leasing, ia mengingatkan untuk tidak asal dalam memberikan pengikatan kredit kepada konsumen, hanya untuk mengejar target pembiayaan, yang lebih penting juga adalah dalam pengikatan kredit harus sesuai yang diperintahkan Undang-undang seperti mendaftarkan fidusianya agar tidak ada pihak yang dirugikan.

“Kami juga meminta kepada konsumen lainnya jika ada penarikan paksa sepeda motor tanpa dokumen yang sah sesuai undang-undang dan peraturan lainnya yang sudah ditetapkan, silahkan membuat laporan, jangan pernah takut memperjuangkan haknya,” ucapnya.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...