Unduh Aplikasi

Empat Jenis Kereta Ekonomi yang Melayani Penumpang di Indonesia

Empat Jenis Kereta Ekonomi yang Melayani Penumpang di Indonesia
Interior Kereta Sancaka Kelas Ekonomi AC - foto: Aldio Yudha Trisandy/wikipedia

JAKARTA - Belakangan ini, kereta api adalah moda transportasi idaman bagi masyarakat. Selain harganya lebih terjangkau, kereta api itu bebas macet serta punya banyak pilihan kelas. Mendapatkannya juga mudah dengan mengandalkan Online Travel Agent. Salah satunya Traveloka, setiap orang bisa cek harga dan daftar tiket ekonomi termurah disini.

Ya, kereta ekonomi menjadi magnet utama yang menarik minat para calon penumpang. Meskipun menjadi kelas yang menjual tiket dengan harga terendah, fasilitasnya tidak kalah dengan kelas lainnya. Seperti pendingin ruangan (AC), kursi yang nyaman serta interior menarik yang terdapat di kelas bisnis dan eksekutif bisa ditemukan juga di kelas ekonomi.

Kereta ekonomi punya 4 jenis yang punya fasilitas, jenis kursi dan interior yang berbeda-beda. Jadi, penumpang bisa memilih dengan menyesuaikan dengan bujet dan kenyamanan yang ditawarkan. Seperti apa jenis-jenis kereta yang pengoperasiannya mendapatkan subsidi dari Pemerintah ini, berikut ulasannya.

1. Kereta Ekonomi AC

Model kursi yang digunakan adalah kursi panjang yang dinamai Long Seat yang saling berhadapan. Kapasitas kursi adalah 3-2 yang menampung 106 penumpang dalam satu gerbong. Menggunakan AC Split sebagai pendingin udara dalam gerbong. Beberapa kereta yang masuk dalam jenis ini adalah Matarmaja, Gaya Baru Malam Selatan, Logawa Progo, Sri Tanjung Pasundan, Serayu, dan Kahuripan.

2. Kereta Ekonomi AC Plus

Kereta ini punya kapasitas 64-80 penumpang dengan tempat duduk  yang saling berhadapan. Dengan kursi 2-2 serta dilengkapi dengan AC sentral. Punya ciri khas pintu “kupu - kupu”, dengan pola jendela yang khas. Kereta jenis ini bisa ditemukan dalam kereta Jayabaya, Bogowonto Gajahwong, dan Jakatingkir.

3. Kereta Ekonomi New Image 2016

Menawarkan kenyamanan yang lebih dengan interior elegan ala kereta Eksekutif. Dilengkapi dengan fasilitas AC, televisi dan tempat duduk standar kelas Ekonomi dengan jumlah tempat duduk sebanyak 80. Model kursinya menghadap ke satu arah seperti dalam Bus. Namun kereta jenis ini mendapat banyak kritikan dari para pecinta kereta api yang menganggap jarak antar kursi terlalu sempit. Hingga akhirnya PT Kereta Api Indonesia melakukan desain ulang. Sekarang beroperasi dalam KA jarak menengah seperti Sancaka, Argo Parahyangan, Ambara Ekspress, dan Pangandaran.

4. Kereta Ekonomi Premium

Merupakan generasi kelas Ekonomi terbaru PT Kereta APi Indonesia buatan PT INKA. Mempunyai karakteristik tempat duduk yang sama dengan kereta ekonomi new image 2016 dengan 40 tempat duduk menghadap kedepan dan 40 tempat duduk menghadap ke belakang. Memiliki tuas reclining (untuk mengatur sandaran kursi) serta dapat mengubah arah hadapnya. Gerbong kereta dipasang 4 unit televisi dan menyediakan lampu baca. Kereta jenis ini bisa ditemui Jayakarta Premium, Mataram Premium, Sribilah, Harina, dan Mutiara Timur.

Layanan kereta Ekonomi tersebut memang bisa dengan mudah dijumpai di Pulau Jawa. Namun, tidak perlu berkecil hati karena Pemerintah sedang membangun infrastruktur kereta api di Pulau Sumatera dan Pulau Sulawesi.

Pembangunan Kereta Aceh - Medan direncanakan selesai tahun ini dan akan segera dilakukan uji coba. Jalur kereta Aceh Medan ini adalah bagian dari program Trans Sumatera yang kedepannya diharapkan kereta api Aceh akan tersambung hingga ke Lampung.

Komentar

Loading...