Unduh Aplikasi

Dugaan Penggelapan Dana TPG, Jaksa Periksa Sejumlah Pegawai Dikjar Aceh Timur

Dugaan Penggelapan Dana TPG, Jaksa Periksa Sejumlah Pegawai Dikjar Aceh Timur
Kejaksaan Aceh Timur

ACEH TIMUR - Sejumlah pegawai di Dinas Pendidikan Aceh Timur kembali dipanggil Kejaksaan Negeri Idi terkait dugaan penggelapan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau yang lebih dikenal dengan dana sertifikasi bagi para guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur pada Senin (12/2).

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Timur M. Ali Akbar SH. MH melalui Plh. Kasi Pidsus Muhammad Lutfi membenarkan tentang adanya pemanggilan sejumlah pegawai dari Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur terkait adanya dugaan penggelapan dana sertifikasi guru oleh pihak Kejaksaan Negeri Aceh Timur.

"Benar hari ini akan diperiksa sejumlah PNS Dinas Pendidikan terkait dugaan penggelapan TPG semester ll Triwulan IV tahun anggaran 2017, sedikitnya empat orang dari Dikjar dan satu orang lagi dari pihak Bank yang akan diperiksa hari ini," kata M. Lutfi kepada AJNN, Senin (12/2).

Ia menambahkan, adapun keempat orang PNS Dinas Pendidikan yang dipanggil ke kantor Kejaksaan setempat untuk dimintai keterangannya berinisial SY, HS, ZR, ketiganya merupakan Pengelola Tunjangan Profesi Guru, serta FR sebagai Bendahara Gaji. Dan satu orang lainnya merupakan dari pihak Bank.

Hal senada juga dibenarkan oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Aceh Timur Khairul Hisam, ia juga mengatakan bahwa Dana Tunjangan Profesi Guru(TPG) PNS Daerah Kabupaten Aceh Timur semester ll Triwulan lV Tahun 2017 untuk para guru itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), yang dialokasikan dalam APBK Aceh Timur Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp.16,8 miliar rupiah.

Sementara itu tambahnya, oleh Dinas Pendidikan setempat telah melakukan pembayaran untuk guru TK, SD dan SMP dengan jumlah total lebih kurang sebesar Rp.11,4 miliar rupiah. Sementara sisanya yang belum dibayar kepada para guru untuk Triwulan IV pada tahun 2017 lebih kurang senilai Rp.5,4 miliar rupiah.

"Pembayaran tidak dilakukan untuk seluruh guru penerima TPG karena sisa uang Triwulan IV tahun 2017 sebesar 5,4 miliar rupiah telah ditarik tunai belum dibayar kepada para guru, dan belum diketahui penggunaanya kemana makanya kita lakukan pemanggilan," ujar Khairul Hisam kepaa AJNN.

Ucapan Ramadhan - Alja Yusnadi

Komentar

Loading...